ANALISIS PEMAHAMAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII MTSN 7 TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA

KHOIRUN NISA', 126204213197 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) ANALISIS PEMAHAMAN PROSEDURAL SISWA KELAS VII MTSN 7 TULUNGAGUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (534kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pemahaman Konseptual Dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Pada Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Khoirun Nisa’, NIM 126204213197, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman konseptual, pemahaman prosedural, aljabar, matematika, pemecahan masalah, siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konseptual dan prosedural siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung dalam menyelesaikan soal aljabar, serta mengidentifikasi hubungan antara keduanya dalam konteks berpikir matematis. Pemahaman konseptual merujuk pada kemampuan siswa dalam memahami makna, prinsip, dan keterkaitan antar konsep matematika, sedangkan pemahaman prosedural berkaitan dengan kemampuan menjalankan langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam aljabar karena kurang menguasai konsep dasar dan prosedur penyelesaian. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan untuk menggali pemahaman siswa, yang dikategorikan ke dalam tiga tingkat kemampuan: tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis hasil kerja tulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi dalam pemahaman konseptual dan prosedural di antara siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda, serta hubungan yang erat antara keduanya dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan aspek konseptual dan prosedural guna membantu siswa mengembangkan pemahaman aljabar yang menyeluruh, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta menyelesaikan masalah matematika secara efektif dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213197 KHOIRUN NISA'
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:31
Last Modified: 22 Dec 2025 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65206

Actions (login required)

View Item View Item