HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA MA ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG

FATASYA AULIYA MAULUDIYAH, 126308212164 and SOKIP, 197104202000031004 (2025) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA MA ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Self Efficacy dengan Student Engagement pada Siswa MA Aswaja Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Fatasya Auliya Mauludiyah, NIM. 126308212164, dengan pembimbing Prof. Dr. Sokip. S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Self Efficacy, Student Engagement, Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sebuah fenomena terkait minimnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Secara efektif keberlangsungan suatu pembelajaran di sekolah dapat tercapai dengan adanya keterlibatan siswa secara aktif. Keterlibatan siswa atau student engagement merupakan proses psikologis yang melibatkan ketertarikan, perhatian, investasi, dan usaha siswa yang diwujudkan dalam proses pembelajaran Perilaku student engagement pada siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya faktor individu dan faktor lingkungan. Salah satu yang menjadi faktor individu yaitu siswa harus mempunyai efikasi diri. Self-efficacy diartikan sebagai keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara self-efficacy dengan student engagement pada siswa MA Aswaja Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional, melibatkan seluruh siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, dengan sampel penelitian yang terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII di MA Aswaja Ngunut berjumlah 56 siswa. Data diperoleh melalui kuesioner yang telah melalui proses validasi dan pengujian reliabilitas. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan rank sperman. Hasil uji hipotesis yang diperoleh menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,441 dengan nilai signifikansi 0,001 (p<05). Hasil penelitian dengan analisis menunjukkan adanya hubungan korelasi dengan tingkat sedang antara self-efficacy dan student engagement pada siswa MA Aswaja Ngunut. Selain itu, hasil pengelompokan data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat self-efficacy dengan presentase 62,5% dan student engagement presentase 76,8% yang berada pada kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan rasa percaya diri siswa dapat berkontribusi pada peningkatan keterlibatan mereka dalam proses belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308212164 FATASYA AULIYA MAULUDIYAH
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:59
Last Modified: 22 Dec 2025 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65254

Actions (login required)

View Item View Item