PENGEMBANGAN MICROBLOG BERBANTUAN INSTAGRAM IDENTIFIKASI JENIS PROTOZOA PADA AIR KOLAM IKAN DI DESA RINGINPITU KABUPATEN TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

NUR AMINATUS SOLIKAH, 126208211043 and MUHAMMAD IQBAL FILAYANI, 199005302023211014 (2025) PENGEMBANGAN MICROBLOG BERBANTUAN INSTAGRAM IDENTIFIKASI JENIS PROTOZOA PADA AIR KOLAM IKAN DI DESA RINGINPITU KABUPATEN TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Microblog Berbantuan Instagram Identifikasi Jenis Protozoa Pada Air Kolam Ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung Sebagai Media Pembelajaran Biologi” ditulis oleh Nur Aminatus Solikah, NIM 126208211043, Dosen Pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata Kunci: Microblog Berbantuan Instagram, Protozoa, Kolam Ikan, Media Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas mengenai identifikasi protozoa pada air kolam ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung yang belum pernah diteliti sebelumnya dan media pembelajaran yang berkaitan dengan protozoa. Berdasarkan hasil peninjauan angket analisis kebutuhan media pembelajaran didapatkan hasil 86,7% responden mengalami kesulitan dalam belajar zoologi avertebrata terutama materi protozoa dan 80% responden tertarik pada media pembelajaran digital berupa microblog berbantuan Instagram. Pengembangan microblog berbantuan Instagram dapat digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk kegiatan pembelajaran mahasiswa pada materi protozoa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan jenis-jenis protozoa yang ditemukan pada air kolam ikan di Desa Ringinpitu, Kabupaten Tulungagung. (2) untuk mengetahui kevalidan microblog berbantuan Instagram berdasarkan penelitian identifikasi jenis protozoa pada air kolam ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. (3) untuk mengetahui kepraktisan microblog berbantuan Instagram berdasarkan penelitian identifikasi jenis protozoa pada kolam air ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. (4) untuk mengetahui keefektifan microblog berbantuan Instagram berdasarkan penelitian identifikasi jenis protozoa pada kolam air ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data malalui tahap observasi, dokumentasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran angket kepada mahasiswa Tadris Biologi. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, statistik deskriptif, dan statistik inferensial non-parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Jenis protozoa yang ditemukan pada air kolam ikan di Desa Ringinpitu Kabupaten Tulungagung meliputi Arcella vulgaris, Bursaria truncatella, Colep hirtus, Halteria grandinella, Litonotus tropicus, Pleuronema, Paramecium caudatum, Stentor coeruleus, dan Euglena viridis. Protozoa yang paling banyak ditemui yaitu Paramecium caudatum. Sedangkan jenis protozoa yang hanya sedikit ditemukan pada sampel air kolam ikan yaitu Arcella vulgaris, Halteria grandinella, Litonopus tropicus, dan Pleuronema. (2) Hasil kevalidan microblog berbantuan Instagram berdasarkan validasi ahli materi yaitu 73,3% dan ahli media 83,9% keduanya dikategorikan dapat digunakan dengan revisi kecil. (3) Hasil kepraktisan atau uji keterbacaan microblog berbantuan Instagram pada mahasiswa Tadris Biologi menghasilkan nilai 88,9% yang menunjukkan bahwa microblog berbantuan Instagram sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. (4) Hasil keefektifan microblog berbantuan Instagram menggunakan pengujian statistik Wilcoxon yang didapatkan hasil signifikansi sebesar 0,000 yang berarti < 0,05. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan pos-test. Uji N-Gain menghasilkan skor diperoleh sebesar 0,57 atau 57,22% yang berarti < 0,70. Dari data tersebut microblog berbantuan Instagram cukup efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211043 NUR AMINATUS SOLIKAH
Date Deposited: 24 Dec 2025 04:15
Last Modified: 24 Dec 2025 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65371

Actions (login required)

View Item View Item