A’yuni, Qurrotul (2013) Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah dengan Media Visual Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Media Visual, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran matematika di sekolah, dimana siswa kurang menguasai materi bangun ruang. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengubah strategi dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu dengan pembelajaran Pemecahan Masalah berbantu Media Visual. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual pada materi bangun ruang khususnya kubus dan balok di kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol setelah diberi pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual pada materi bagun ruang kubus dan balok di kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol. (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol setelah diberi pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi pendidik maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu perencaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini memnggunakan dua siklus PTK. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol. Pada proses penerapan pembelajaran pemecahan masalah tahap-tahap dalam pembelajaran meliputi: memahami xvii masalah, merencanakan pemecahannya, menyelesaikan masalah sesuai rencana dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada pre test 55,96 naik menjadi 72,69 pada siklus I dan menjadi 81,73 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pemecahan masalah dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII H SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 03:15 |
Last Modified: | 07 Jan 2015 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |