ZUNIA AFRIDA, 2814133215 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTs. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Afrida, Zunia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio Materi Garis Dan Sudut Siswa Kelas VII MTs. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Autoplay Media Studio Fenomena banyaknya siswa sering lupa dengan materi sebelumnya, kurang fokus mengikuti pembelajaran, serta sumber belajar dan media pembelajaran matematika yang kurang lengkap. Sehingga perlu dirancang pembelajaran yang menyenangkan salah satunya yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi. Pembelajaran berbasis teknologi dan informasi memungkinkan siswa lebih fokus pada pembelajaran karena mengharuskan siswa berinteraksi langsung dengan program pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Autoplay Media Studio materi garis dan sudut siswa kelas VII MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, dan uji pelaksanaan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs As-Syafi’iyah Gondang dengan subyek penelitian kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Data penelitian didapat melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan aktivitas siswa, serta nilai post-test. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi media. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata persentase 77,25%. Sedangkan validasi ahli materi menujukkan media memenuhi kriteria valid dengan persentase 85,83%. Secara keseluruhan media ini telah memenuhi kriteria valid dengan ratarata persentase kevalidan 81,54%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan media telah memenuhi 3 kriteria kepraktisan, yaitu validator menyatakan media dapat digunakan dengan sedikit revisi, nilai ketuntasan hasil belajar siswa lebih dari 75% yaitu 91,4%, serta analisis pengamatan aktivitas siswa menunjukkan persentase siswa bertanya 30% yang berarti media praktis atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji keefektifan media menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t-test data hasil tes diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai dari Sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi = 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil ini terbukti dari ratarata nilai kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 83,3 >71,73. Maka media ini dapat dinyatakan efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133215 ZUNIA AFRIDA |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 03:30 |
Last Modified: | 11 Jan 2018 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6913 |
Actions (login required)
View Item |