ZAHROTUL A’MALIA, 2814133209 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC SEBAGAI UPAYA MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (971kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK A’malia, Zahrotul. NIM. 2814133209. 2017. Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Scientific pada Materi Segiempat Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Berpikir Kritis, dan LKS Penelitian ini dilandasi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar untuk siswa SMP dalam pembelajaran Matematika. Bahan ajar yang digunakan kadang kurang sesuai dengan kurikulum yang berlaku, serta buku paket yang beredar kurang sesuai dengan silabus, sehingga guru harus mencatat kembali materi di papan tulis. Di dalam mengerjakan soal pun masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga belum berani untuk mengeksplorasi pengetahuannya, mereka masih saja terpaku pada konsep yang diberikan oleh guru. Atas dasar ini penelitian dengan judul Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Scientific pada Materi Segiempat Sebagai Upaya Melatih Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol ini dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKS matematika dengan pendekatan scientific untuk siswa kelas VII SMP pada materi Segiempat yang valid ,efektif, dan praktis serta untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan produk pengembangan LKS matematika dengan pendekatan scientific sebagai upaya melatih berpikir kritis siswa. Pengembangan LKS dengan pendekatan scientific ini menggunakan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan LKS ini melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, (3) tahap perencanaan draft produk awal, (4) tahap uji validitas pakar, (5) tahap revisi produk, (6) tahap diseminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil validitas LKS dengan pendekatan scientific ini keseluruhan dinyatakan valid dengan total presentase 78,66%. Berdasarkan hasil angket respon siswa sebagai uji kepraktisan diperoleh presentase 88,22 %. Sedangkan hasil post test siswa diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 64,38 sedangkan rata-rata kelas eksperimen 86,89. Hal ini menujukkan bahwa LKS dengan pendekatan scientific ini efektif digunakan. Hasil uji t-test terhadap hasil post test secara manual menghasilkan nilai t sebesar 5,2. Dengan menggunakan db = 73, dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t-tabel sebesar 1,992997. Hal ini menunjukkan ada perbedaan antara kelas yang dibandingkan. Sedangkan hasil uji menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000, yang artinya ada perbedaan antar kelas yang dibandingkan. Dari kedua uji di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menggunakan LKS dengan pendekatan scientific pada materi Segiempat untuk kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sebagai upaya melatih berpikir kritis siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133209 ZAHROTUL A’MALIA |
Date Deposited: | 05 Jan 2018 07:30 |
Last Modified: | 05 Jan 2018 07:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7061 |
Actions (login required)
View Item |