Choirul Mala, 2817133020 (2018) OPTIMALISASI PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (732kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kritikan masyarakat mengenai buruknya dunia pendidikan dengan munculnya berbagai masalah sosial seperti tawuran, tindakan kriminal, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Hal tersebut menunjukkan perilaku peserta didik yang tidak pantas dan belum sepenuhnya beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dengan baik. Masalah seperti ini terjadi akibat proses pembelajaran yang hanya menitikberatkan pada kecerdasan intelektual saja tanpa melihat sisi kecerdasan yang lain, termasuk kecerdasan emosional. MI Jati Salam Gombang sebagai yayasan pendidikan islam memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam pembelajaran khususnya Akidah Akhlak sebagai bentuk pengembangan kecerdasan peserta didik secara optimal yang di dukung oleh program religi tambahan yang semakin menguatkan pembentukan karakter dari kecerdasan emosi yang dimiliki peserta didik nantinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1)Aspek kecerdasan emosional apa saja yang dioptimalkan dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung ? (2) Metode apa yang digunakan guru dalam mengoptimalkan pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung ? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengoptimalkan pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung ? Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mendiskripsikan aspek kecerdasan emosional yang dioptimalkan dalam pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan metode yang digunakan guru dalam mengoptimalkan pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dimana peneliti bertindak sebagai instrumen atau kunci dengan menggunakan pendekatan study kasus dalam arti penelitian difokuskan pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam, dengan mengabaikan fenomena-fenomena lainnya. Data yang diperoleh yaitu dari Person (Manusia), Place (tempat), dan Paper (kertas) yang diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan pasif yang dimana peneliti datang ke tempat hanya mengamati dan tidak ikut terlibat dalam kegiatan, wawanacara mendalam agar peneliti memperoleh data secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dari berbagai sumber dan memanfaatkan berbagai teknik pengumpulan data. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan metode seperti yang telah tertulis diatas, terkait dengan optimalisasai pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak meliputi aspek kesadaran diri, aspek pengendalian diri, kemampuan motivasi, kemampuan berempati, dan kemampuan ketrampilan sosial. 2) metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak diantaranya: ceramah plus, metode global, resitasi, diskusi, demonstrasi, tutor sebaya, pembiasaan, dan keteladanan. 3) faktor yang mendukung guru dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi kondisi psikis guru, motivasi belajar peserta didik yang tinggi, lingkungan keluarga yang baik, dan program pendukung dari yayasan. Sedangkan faktor yang menghambat guru dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional peserta didik meliputi rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar, rendahnya kualitas SDM dalam keluarga, lingkungan pergaulan yang buruk yang dapat berpengaruh perilaku yang ditunjukkan peserta didik. Untuk mengatasi hambatan tersebut guru membimbing peserta didik secara terus-menerus serta memberikan teladan perilaku yang baik pada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S.Pd 2817133020 Choirul Mala |
Date Deposited: | 02 Jan 2018 03:07 |
Last Modified: | 02 Jan 2018 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7084 |
Actions (login required)
View Item |