NURUL IKA BASTIANA, 1721143325 (2018) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SDN 3 MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Sikap Keberagamaan Siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nurul Ika Bastiana, NIM. 1721143325, pembimbing Dr. H. Asrof Safi’i, M.Ag. Kata kunci: Prestasi Belajar, Sikap Keberagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemahaman siswa tentang pendidikan agama islam terutama pada sikap keberagamaan siswa dalam berakidah, beribadah dan berakhlak akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. peneliti dalam hal ini menghubungkan masalah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan sikap keberagamaan siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Rumusan masalah pada penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan prestasi belajar pendidikan Agama Islam dengan Akidah siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamata Suruh Kabupaten Trenggalek? (2) Adakah hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Ibadah siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan sikap Keberagamaan siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek dan seberapa tingkat signifikan keadaan hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data populasi, sampel, sarana dan prasarana, serta dokumen SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang sikap keberagamaan siswa SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek yang digunakan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan agama islam dengan sikap keberagamaan siswa di SDN 3 Mlinjon. Hasil hitungan pada taraf 5% dan 1% ternyata r_hitung lebih besar dari r_tabel. Tingkat hubungan prestasi belajar pendidikan agama dengan akidah, ibadah termasuk dalam katagori sedang. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi prestasi belajar siswa maka dapat diperkirakan semakin tinggi pula sikap keberagamaan siswa di SDN 3 Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143325 NURUL IKA BASTIANA |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 03:02 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8286 |
Actions (login required)
View Item |