desy dwi cahyanti, 1724143069 (2018) Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Kemampuan Akademik di MTsN 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (273kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (112kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (235kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (602kB) |
||
|
Text
Bab III.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) |
Abstract
Kata Kunci: Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang kurang mampu menyatakan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan setiap kali diberi soal matematika. Siswa masih bingung bilangan mana yang harus ia masukkan ke dalam rumus. Siswa tidak mengetahui materi mana yang ada hubungannya dengan materi yang sedang dipelajari. Selain itu, kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan permasalahan nyata dalam soal ke dalam bentuk matematika. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah mengenai bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika materi teorema Pythagoras di kelas VIII F MTsN 1 Kota Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dengan kemampuan akademik tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika materi teorema Pythagoras di kelas VIII F MTsN 1 Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 6 siswa kelas VIII F MTsN 1 Kota Blitar terdiri dari 2 siswa berkemampuan akademik tinggi, 2 siswa berkemampuan akademik sedang dan 2 siswa berkemampuan akademik rendah yang kemudian diteliti kemampuan koneksi matematisnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Tes yang digunakan terdiri dari 3 soal sesuai indikator koneksi matematis serta wawancara sebagai data pendukung. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan akademik tinggi mampu mengoneksikan gagasan-gagasan, mampu mengoneksikan antar konsep matematika dan mampu mengoneksikan matematika dengan kejadian pada kehidupan sehari-hari. (2) Siswa berkemampuan akademik sedang cukup mampu mengoneksikan gagasan-gagasan, cukup mampu mengoneksikan antar konsep matematika dan cukup mampu mengoneksikan matematika dengan kejadian pada kehidupan sehari-hari. (3) Siswa berkemampuan akademik rendah belum mampu mengoneksikan gagasan-gagasan, belum mampu mengoneksikan antar konsep matematika dan belum mampu mengoneksikan matematika dengan kejadian pada kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 1724143069 DESY DWI CAHYANTI |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 04:01 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8290 |
Actions (login required)
View Item |