Penerapan Pendekatan Kontestual melalui Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas II SDI AL HAKIM Boyolangu Tulungagung

Sari, Defi Ambar (2012) Penerapan Pendekatan Kontestual melalui Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas II SDI AL HAKIM Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian awal.doc

Download (108kB)
[img] Text
sampul depan.doc

Download (53kB)
[img] Text
bagian akhir.doc

Download (2MB)
[img] Text
bagian utama.doc

Download (505kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Penerapan CTL, Inkuiri, Presasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti pada pelajaran PKn yang menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk belajar sehingga pemahaman materi siswa kurang. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa. Untuk itu, penelitian tindakan kelas ini mencoba menggunakan pendekatan kontekstual melalui metode inkuiri yang dimulai dengan guru menghadirkan situasi nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat, dan guru membimbing siswa melakukan kegiatan dengan memberi pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi. Pada kelas II-B SDI Al Hakim Boyolangu Tulungagung, dengan alasan pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan kontekstual melalui metode inkuiri pembelajaran ini diharapkan siswa banyak berpartisipasi aktif sehingga siswa menjadi lebih senang antusias dalam belajar yang akhirnya siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajarinya dan prestasi belajar meningkat. Rumusan masalah : 1). Bagaimana preoses pendekatan kontekstual melalui metode Inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas II SDI AL – HAKIM Boyolangu Tulungagung? 2). Dan bagaimana hasil pendekatan kontekstual melalui metode Inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas II SDI AL – HAKIM Boyolangu Tulungagung? Tujuan peneitian : 1). Untuk mendiskripsikan proses pendekatan kontekstual melalui metode inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas II SDI AL – HAKIM Boyolangu Tulungagung dan 2). Untuk mengetahui hasil pendekatan kontekstual melalui metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa kelas II SDI AL – HAKIM Boyolangu Tulungagung. Manfaat : a. Bagi sekolah dengan mengetahui gambaran mengenai pendekatan kontekstual melalui metode Inkuiri maka diharapkan dapat berguna untuk dijadikan pedoman dalam peningkatan pendidikan. b. Bagi guru dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru dalam masalah metode pembelajarannya. c. Bagi siswa dengan penerapan mengenai pendekatan kontekstual melalui metode inkuiri diharapkan siswa dapat meningkatkan semangat belajarnya, aktif dalam kegiatan pembelajarannya. d. Bagi peneliti sebagai bahan untuk memperluas pengetahuan peneliti dalam mempersiapkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional. Metode penelitian : 1). Jenis dan Desain penelitian: Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. 2). Subyek Penelitian: Siswa Kelas II- B SDI Al Hakim Boyolangu dengan jumlah siswa 16 anak. 3). Teknik Pengumpulan Data: tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata dari pre test 68,75 presentase ketuntasan (31,25%), post test siklus I rata-rata 81,25 presentase ketuntasan (75%), post test siklus II rata-rata 95 presentase ketuntasan (87,5%). Selain itu, ada peningkatan rasa senang dan keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan kontekstual melalui metode imkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:52
Last Modified: 28 Jan 2015 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item