UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI TK DHARMA WANITA RINGINPITU TULUNGAGUNG KELOMPOK A TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YOKE APRIL ARFIANTI, 1726143062 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PUZZLE DI TK DHARMA WANITA RINGINPITU TULUNGAGUNG KELOMPOK A TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak melalui Kegiatan Bermain Puzzle di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung Kelompok A Tahun Pelajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Yoke April Arfianti, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Hj. Retno Indayati, M.Si Kata Kunci: Kemampuan Kognitif Anak, Bermain Puzzle Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak memiliki kemauan bermain seperti bermain puzzle, tetapi anak merasa sulit dalam menyusun kepingan puzzle sampai selesai. Hal ini mungkin disebabkan karena jarang penggunaan permainan puzzle dalam pembelajaran di sekolah. Ketika anak sedang menyusun kepingan puzzle, mereka merasa sulit dan bosan tetapi kepingan puzzle belum bisa disusun dengan benar akhirnya kepingan puzzle itu diserakkan karena sudah merasa bosan dan tidak sabar dalam menyusun kepingan puzzle tersebut. Pada saat anak menyusun kepingan puzzle, seorang guru sebaiknya mendampingi dan mengarahkan anak dalam menyusunnya agar mereka bisa mengerjakan susunan puzzle dengan benar sampai selesai dan timbul rasa gembira pada diri anak. Rumusan masalahnya adalah adalah 1) Bagaimana pelaksanaan perkembangan anak melalui kegiatan bermain puzzle di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung Kelompok A Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Apakah kegiatan bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung Kelompok A Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data-data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi dam dokumentasi, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan (conclusion drawing) Hasil penelitiannya adalah 1) Penerapan permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung Kelompok A, pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan siklus III. Setiap siklus membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif melalui Permainan puzzle. Dalam pelaksanaan penelitian ini, setiap siklus terbagi dalam tiga tahap kegiatan yaitu (1) kegiatan awal (2) kegiatan inti (3) kegiatan penutup. 2) Peningkatan kemampuan kognitif pada anak melalui permainan puzzle di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung Kelompok A Tahun Pelajaran 2017/2018 dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 70, mengalami peningkatan pada Siklus II sebesar 73.33%, dan siklus III sebesar 96,66%. Selanjutnya untuk hasil rata-rata observasi terhadap anak pada siklus I anak mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 15 anak atau 88,24% dan hanya 2 anak atau 11,76% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH), pada Siklus II anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 4 anak atau 23,53% dan hanya 13 anak atau 76,47% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sedangkan pada siklus III anak yang mempunyai capaian akhir perkembangan mulai berkembang (MB) yaitu 3 anak atau 17,65% dan hanya 11 anak atau 64,70% mempunyai capain akhir perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) serta 3 anak atau 17,65% mempunyai capaian akhir perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Jadi penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan puzzle, dapat meningkatkan kemampuan kognitif di Kelompok A TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143062 YOKE APRIL ARFIANTI
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:00
Last Modified: 09 Aug 2018 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item