Zahroh, Dra. Umi (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan melalui Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Siswa Kelas VII-A SMP Islam Gandusari. [ Skripsi ]
Text
cover dalam.docx Download (40kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (93kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (108kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (108kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
|
Text
daftar rujukan.docx Download (22kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hasil Belajar, kooperatif, tipe Team Assisted Individualization (TAI), himpunan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah metode kooperatif tipe TAI dengan menerapkan dua tahap pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP Islam Gandusari Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar pada materi himpunan dengan metode kooperatif tipe TAI siswa kelas VIIA SMP Islam Gandusari, (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam materi himpunan dengan metode kooperatif tipe TAI siswa kelas VIIA SMP Islam Gandusari, dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan dalam pembelajaran materi himpunan dengan metode kooperatif tipe TAI siswa kelas VII-A SMP Islam Gandusari, (2) Untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh pada materi himpunan setelah menerapkan model kooperatif tipe TAI siswa kelas VII-A SMP Islam Gandusari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, wawancara, observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Gandusari. Sedangkan analisis datanya dilakukan dengan cara (1) mereduksi data, (2) menyajikan data, dan (3) menyimpulkan data. Berdasarkan hasil observasi dan hasil refleksi pada siklus I hasilnya antara lain masih sangat jauh dari indikator pencapaian yaitu yang mencapai ketuntasan belajar masih 66, 67% dengan keterlaksanaan metodenya 71,27%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan ketuntasan belajar sudah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 76, 67% dan keterlaksanaan metode sudah maksimal yaitu 87, 41%. Sedangkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, kekompakan dalam berkelompok dan keberanian siswa bertanya dapat ditumbuh kembangkan. Hal ini ternyata melalui pemanfaatan metode TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-A SMP Islam Gandusari tahun ajaran 2011/2012. Oleh karena itu disarankan bagi guru matematika yang mengajar di SMP Islam Gandusari sebaiknya menggunakan metode TAI dalam pembelajaran matematika terutama pada materi himpunan, sehingga tidak ada siswa yang memperoleh nilai rendah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 07:47 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 07:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |