SOBAREEYAH CHE-KOK, 1721143386 (2018) PERBANDINGAN MINAT BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PELAJARAN FIQIH KELAS VII, VIII DAN IX DI MA’HAD AT-TARBIYAH ISLAMIAH LALOR (PATTANI, THAILAND). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbandingan Minat Belajar Antara Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Pelajaran Fiqih kelas VII, VIII dan IX di Mahad At-tarbiyah Islamiah Lalor (Pattani, Thailand)” disusun oleh Sobareeyah Che-kok, NIM 1721143386, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd.I. Kata Kunci: MinatBelajar, Pelajaran Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh minat belajar, Keberadaan minat bisa membuat seseorang melakukan kegiatan yang diminati dengan baik dan senang hati. Begitu juga dalam kegiatan belajar. Seorang siswa bisa belajar dengan tekun dan senang hati terhadap pelajaran yang diaminati. Dengan berbedaan jenis kelamin membuat setiap individu berbeda dengan individu lainnya, seperti laki-laki berbeda dengan perempuan dalam banyak aspek termasuk dalam hal kecerdasan, minat, ingatan, emosi, dan kemauan. ada beberapa gejala yang berbeda diantaranya yaitu siswa perempuan lebih serius dalam memperhatikan penjelasan guru sedangkan siswa laki-laki lebih suka bermain di dalam kelas dan siswa perempuan selalu menyerahkan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu sedangkan siswa laki-laki sering tidak tepat waktu. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Adakah Perbedaan minat belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pelajaran fiqih pada materi shalat di Ma’had At-tarbiyah Islamiah Lalor? (2) Adakah Perbedaan minat belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pelajaran fiqih pada materi zakat, di Ma’had Attarbiyah Islamiah Lalor? (3) Adakah Perbedaan minat belajar antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pelajaran fiqih pada materi puasa, di Ma’had At-tarbiyah Islamiah Lalor? Penelitian ini termasuk metode penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa dengan berjumlah 191 orang dan Sampel dalam penelitian ini ditentu dengan mengguna random sampling yaitu terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket skala likert dan uji prasyarat analisis dengan mengguna uji validitas, reliabilitas, normalitas dan homogenitas dan metode analisis data dengan menggunakan uji manova. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar terhadap pelajaran fiqih pada materi shalat (Y1) siswa laki-laki memiliki nilai 28,20 sedangkan siswa perempuan memiliki nilai 32,85. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki. (2) Minat belajar terhadap pelajaran fiqih pada materi zakat (Y2) siswa laki-laki memiliki nilai 75.35 sedangkan siswa perempuan memiliki nilai 85,25. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki. (3) Minat belajar terhadap pelajaran fiqih pada materi puasa (Y3) siswa laki-laki memiliki nilai 51,65 sedangkan siswa perempuan memiliki nilai 59,50. Dengan hasil ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa perempuan lebih tinggi dari pada siswa lakilaki.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143386 SOBAREEYAH CHE-KOK |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 07:59 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9626 |
Actions (login required)
View Item |