PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

RIDWAN NUR AZIZ, 2811133297 (2018) PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendidikan Kecakapan Hidup Berbasis Akhlakul Karimah pada Siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ridwan Nur Aziz, NIM. 211133297, Pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan, Kecakapan Hidup (Life Skill), Akhlak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kurangnya mutu SDM hasil pendidikan di indonesia. Disisi lain, dalam hal mutu pendidikan tersebut yang perlu diperbaiki ada berbagai hal. Sebelum memperbaiki permasalahan tersebut, tentu kita harus mencari permasalahan itu. Pada penelitian ini, peneliti meneliti dari SMKN 1 Bandung Tulungagung. Disana peneliti mengamati bagaimana pendidikan berbasis akhlak pada siswa dilaksamakan beserta masalah dan penyelesaiannya. Kita tahu pendidikan akhlak pada siswa sangatlah penting diluar dari pendidikan kecakapan hidup. Pendidikan akhlak sendiri berfungsi sebagai pengendali atas tingkah laku siswa. sedangkan pendidikan kecakapan hidup berfungsi sebagai alat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Jadi, apabila kedua hal diatas disatukan maka akan tercipta SDM yang terampil serta mempunyai berakhlak yang baik. Fokus Penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah (1) Bagaimana program pendidikan kecakapan hidup berbasis Akhlakul Karimah pada Siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup berbasis Akhlakul Karimah pada Siswa SMKN 1 Bandung Tulunngagung? (3) Apa saja faktor penghambat pendidikan kecakapan hidup berbasis akhlakul karimah pada Siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung? (4) Bagaimana solusi dari penghambat pendidikan kecakapan hidup berbasis akhlakul karimah pada Siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala SMKN 1 Bandung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pendidikan kecakapan hidup berbasis akhlakul karimah pada siswa SMKN 1 Bandung Tulungagung sebagai masukan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dalam meningkatkan pendidikan kecakpan hidup berbasis akhlakul karimah pada siswa di SMKN 1 Banddung Tulungagung, bagi peneliti untuk menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam melatih kemampuan, dan juga sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya, bagi pembaca sebagai bahan pertimbangan dalam usaha pendidikan kecakapan hidup berbasis Akhlakul Karimah. Pada skripsi ini berjenis kualitatif dan bersifat eksploratif dan deskriptif, sehingga kehadiran peneliti sangat dibutuhkan untuk mengeksplorasi data dan menyusun menjadi deskripsi pada karya tulis tersebut. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Adapun sumber data adalah bapak inu guru, pengamatan langsung dilingkungankelas (dalam maupun luar kelas) serta dokumentasi dari beberapa hal yang sekiranya dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program pendidikan kecakapan hidup berbasis Akhlakul karimah pada siswa SMKN 1 Bandung. Di dalam kelas programnya internalisasi pendidikan akhlak pada kuriklum. Diluar kelas programnya diklat, pembiasaan, perontohan, dan hukuman. (2) Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup berbasis akhlakul karimah pada siswa SMKN 1 Bandung. di dalam kelas pelaksanaannya penyisipan 18 nilai karakter bangsa beserta penerapannya secara langsung pada siswa. Diluar sekolah pelaksanaannya diklat ke brigif TNI Kediri, pembiasaan dalam sholat duha, jama’ah, sopan santun, mengikuti aturan tata tertib dan penyelesaian masalah dengan semestinya. (3). Penghambat pendidikan kecakapan hidup berbasis akhlakul karimah pada siswa SMKN 1 Bandung. Di dalam kelas penghambatnya tidur, mengoperasikan HP, terlambat dan bolos. Di luar kelas penghambatnya, diklat hambatannya apabila ada yang bermasalah ataupun sakit pada waktu pelaksanaannya. Pembiasaan hambatannya menaiki motor saat dilingkungan sekolah, percontohan hambatannya adalah rasa malu bagi siswa yang dijadikan contoh. Dan pemberian contoh guru masih ada yang kurang tepat karena ada yang merokok saat mengajar. Hukuman hambatannya adalah tidak cukup waktu untuk operasi hp guna bawa HP ganda, serta jog motor siswa guna mengetahui bawa rokok atau tidak. (4) di dalam kelas, solusi permasalahannya adalah untuk tidur dihukum ataupun diminta untuk menjelaskan pelajaran yang sedang berjalan. Mengoperasikan HP hukumannya disuruh masukin ke kotak ataupun disita dua minggu. Kalau ada video porno bisa disita sampai tiga bulan. Telat solusi tergantung alasan telat itu sendiri. Bolos solusinya dihukum dan hukuman tergantung guru piket. Diluar kelas, diklat solusi hambatan mengikuti ditahun berikutnya. Pembiasaan, solusi penghambatnya adalah bagi yang menaiki motor, dorong motor dengan mundur. solusi masjid kurang luas adalah bersabar dahulu menunggu diperbaiki. Percontohan. Solusi dari hambatan atribut kurang lengkap adalah segera memperbaiki diri. Solusi guru merokok dikelas adalah segera diberikan peraturan. Hukuman. Solusi hambatan adalah penggunaan HP ditindak saat menggunakan saja, membawa rokok tidak perlu diperiksa, tapi kalau ketahuan merokok baru ditindak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133297 RIDWAN NUR AZIZ
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:44
Last Modified: 29 Oct 2018 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9712

Actions (login required)

View Item View Item