Hartini, Hartini (2012) Korelasi Antara Pembelajaran Bilingual Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X-Global Di MAN Tulungagung 2 Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
depan.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Bilingual, Prestasi belajar matematika. Pendidikan adalah suatu cara untuk menciptakan kualitas manusia. Berbagai perbaikan dalam metode pembelajaran telah diupayakan demi meningkatkan kualitas pendidikan. Pengajaran metode bilingual yang merupakan suatu metode penggunaan dua bahasa untuk menyampaikan kurikulum untuk menguatkan kompetensi siswa dalam berbahasa asing. Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk mempercepat perbaikan mutu pendidikan anak dari berbagai kelompok masyarakat sehingga dapat mencapai kesejajaran standar nasionalnya dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan bahasa. Melalui metode pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Adapun rumusan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pembelajaran bilingual di kelas X-Global MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/2012. (2) Adakah korelasi antara pembelajaran bilingual dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X-Global MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/2012. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui pembelajaran bilingual di kelas X-global MAN Tulungagung 2 Tahun Ajaran 2011/2012. (2) untuk mengetahui apakah ada korelasi antara pembelajaran bilingual dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X-global di MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan menguji perbedaan rata-rata hitung antara prestasi belajar hasil pembelajaran bilingual dengan prestasi belajar non-bilingual untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pembelajaran bilingual dengan prestasi belajar. Pada uji hipotesis manggunakan uji Chi-Square (X2) dan diperoleh X2 hitung = 27,892. Sedangkan harga Chi-square tabel sebesar 7,815 pada taraf signifikasi 5% dan 11,341 pada taraf 1%. Karena didapatkan X2hitung > X2tabel (27,892 > 7,815), maka dapat diketahui ada perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran bilingual dengan non-bilingual. sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran bilingual dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X-global di MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2011/2012. Dengan derajad hubungan sebesar 0,518.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 03:34 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |