EVI TRIANA, 1733143018 (2019) PENGARUH TERAPI MUSIK ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK AUTIS DI WISHING KIDS BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Terapi Musik Islami Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Autis di Wishing Kids, BLITAR” ditulis oleh Evi Triana, Nim. 1733143018, dibimbing oleh Mirna Wahyu A. M. Psi Kata kunci : Terapi Musik Islami, Kemampuan Berbahasa, Anak Autis Autisme adalah sebuah sindrom gangguan perkembangan syaraf pusat yang ditemukan anak ketika masa kanak-kanak hingga masa sesudahnya. Salah satu penyebab autis dapat dikarenakan adanya kelainan pada otak anak, yang berhubungan dengan jumlah sel syaraf. Anak autis mengalami beberapa gangguan dalam berkomunikasi salah satunya adalah kemampuan berbahasa yang kurang. Untuk menangani kasus keterlambatan komunikasi anak-anak autis diperlukan adanya terapi. Salah satunya adalah menggunakan metode terapi musik islami. Untuk menguji apakah terapi musik dapat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berbahasa anak autis, maka penelitian ini mempunyai fokus ruumusan masalah, yaitu : (1) Apakah ada pengaruh terapi musik islami terhadap kemampuan berbahasa anak autis di wishing Kids Blitar (2) Seberapa besar pengaruh terapi musik Islami terhadap kemampuan berbahasa anak autis di Wishing Kids Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. penelitian eksperimen bertujuan untuk menguji pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak yang berkebutuhan khusus di Wishing Kids yang berjumlah 22 siswa. Sampel pada penelitian ini sejumlah 5 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan berbahasa anak autis di Wishing Kids sebelum diberikan terapi menunjukkan angka 16, hasil kemampuan berbahasa setelah diberikan terapi musik naik menjadi 23 dengan hasil hitung uji beda pre test dan post test dengan menggunakan uji paired t-test didapatkan nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,03. Karena nilai asymp. Sig (2- tailed) < 0,05 atau 0,03 < 0,05, (2) sedangkan besar pengaruh terapi musik terhadap kemampuan berbahasa anak autis berdasarkan pada hasil hitung uji sumbangan efektif regresi linier pre test dan post test didapatkan nilai R Square sebesar 0,288 atau 28,8%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Ada pengaruh terapi musik islami terhadap kemampuan berbahasa anak autis. Jadi, anak autis dapat berkomunikasi karena konsep berbahasa mereka sudah mulai terbentuk. Untuk itu terapi serupa sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam lembaga terapi anak berkebutuhan khusus
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 1733143018 EVI TRIANA |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 06:46 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10032 |
Actions (login required)
View Item |