AULIAN FAHMI SANI ERHAN, 1724143047 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT KELAS VII MSW IMAM SYAFI’I TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (515kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Improve Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII MSW Imam Syafi’i Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Aulian Fahmi Sani Erhan, NIM 1724143047, dibimbing oleh Sutopo, M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Improve, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pengembangan model pembelajaran yang bervariasi dapat menarik minat siswa untuk belajar matematika yang dianggap suatu pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah improve. Pembelajaran improve terfokus pada pemahaman masalah, mengembangkan hubungan antara pengetahuan yang lalu dan sekarang, menggunakan strategi penyelesaian masalah yang matematis serta memfokuskan proses dalam solusi. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pegaruh model pembelajaran improve terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran improve terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MSW Imam Syafi’i Tulungagung pada materi bangun datar segi empat, 2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran improve terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MSW Imam Syafi’i Tulungagung pada materi bangun datar segi empat, dan 3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran improve terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII MSW Imam Syafi’i Tulungagung pada materi bangun datar segi empat. Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Design penelitian dalam penelitian ini, yaitu Quasi Experimental menggunakan the nonequivalent posttest-only control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA1 dengan jumlah 22 siswa dan kelas VII A2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes, pengisian angket motivasi belajar siswa, observasi kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran improve terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi Bangun Datar Segi Empat di MSW Imam Syafi’i Tulungagung, maka penulis dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut : 1) Ada pengaruh model pembelajaran improve terhadap motivasi belajar matematika siswa materi Bangun Datar Segi Empat di MSW Imam Syafi’i Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,011. 2) Ada pengaruh model pembelajaran improve terhadap hasil belajar matematika siswa materi Bangun Datar Segi Empat di MSW Imam Syafi’i Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,034. 3) Ada pengaruh model pembelajaran improve terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa materi Bangun Datar Segi Empat di MSW Imam Syafi’i Tulungagung. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil analisis motivasi dan hasil belajar secara simultan dengan nilai keempat p value (sig.) sebesar 0,039.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143047 AULIAN FAHMI SANI ERHAN |
Date Deposited: | 11 Jan 2019 01:31 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 01:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10038 |
Actions (login required)
View Item |