PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA DI MI WAHID HASYIM BLITAR

YULIA ISMAWATI, 1725143309 (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA DI MI WAHID HASYIM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Wahid Hasyim udanwu Bakung Blitar Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Yulia Ismawati, NIM 1725143309, pembimbing Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Mind Mapping, Motivasi, hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya ketertarikan siswa pada pelajaran IPA. Untuk itu perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang variatif. Salah satu metode tersebut adalah metode mind mapping. Metode pembelajaran mind mapping dirasa tepat, karena dalam pembelajaran ini siswa dapat melihat gambaran secara jelas dan menyeluruh, saling berhubungan satu sama lain, sehingga semakin banyak ide dan informasi yang dapat disajikan, menarik perhatian mata, tidak membosankan dan memudahkan konsentrasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2017/2018 ? (2) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2017/2018 ? (3) Adakah pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar tahun ajaran 2017/2018 ?, adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar.(2)Untuk mengetahui ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar.(3)Untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belaja IPA siswa kelas IV MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini merupahkan penelitian eksperiman quasi dengan desain the non equivalent posttest-only control group design menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini metode mind mapping sedangkan variabel terikatnya motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 446 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 23 anak sebagai kelas eksperiman dan kelas IV C yang berjumlah 26 anak sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, angket, observasi dan wawancara. Analisis datanya menggunakan uji MANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu, uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Besarnya pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa adalah signifikan 0,000 ≤ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar IPA siswa MI Wahid Hasyim Blitar (2) Besarnya pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa adalah signifikan 0,002 ≤ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa MI Whid Hasyim Blitar (3) Besarnya pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa adalah signifikan 0,001 ≤ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu dapat disimpulkan ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa MI Wahid Hasyim Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143309 YULIA ISMAWATI
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:30
Last Modified: 14 Jan 2019 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item View Item