PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MI ROUDHOTUN NASYI’IN PURWOKERTO SRENGAT BLITAR

YUNITA BINTI ROSIDAH, 1725143314 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MI ROUDHOTUN NASYI’IN PURWOKERTO SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MI Roudlotun Nasyiin Purwokerto Srengat Blitar”. Ditulis oleh Yunita Binti Rosidah, NIM 1725143314, pembimbing Musrikah, SPd.I, MPd. Kata Kunci: Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pendidikan memiliki perananan penting dalam membentuk manusia yang berkualitas, budi pekerti, dan berbudi luhur. Dengan adanya pendidikan diharapkan mampu membentuk pribadi peserta didik yang berkademik dan profesional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk meraihnya pun perlu adanya faktor-faktor pendukung, seperti halnya disiplin dan motivasi belajar. Disiplin ini berkaitan dengan suatu peraturan yang telah ditetapkan dan aturan tersebut harus dipatuhi. Sedangkan motivasi berkaitan dengan kesadaran diri sesorang untuk belajar sebagaimana untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua faktor tersebut harus dimiliki oleh peserta didik guna untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Kedua hal itu sejatinya sangat mempengaruhi dalam mencapai tujuan belajar. Dalam hal ini peneliti mencari ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik MI Roudlotun Nasyi’in Purwokerto Srengat Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar MI Roudlotun Nasyi’in Purwokerto Srengat Blitar.2) untuk menjelaskan Pengaruh motivasi Belajar terhadap hasil belajar MI Roudlotun Nasyi’in Purwokerto Srengat Blitar.3) untuk menjelaskan pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar MI Rodlotun Nasyiin Purwokerto Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penilitian korelasion. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yakni variabel (independen) kedisiplinan (X1) dan motivasi (X2), sedangkan variabel (dependen) yakni hasil belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan VI MI Roudlotun Nasyi’in dengan mengambil sampel siswa kelas V berjumlah 22 siswa dan siswa kelas VI berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan tekni purpusif sample. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Uji yang digunakan adalah Uji Regresi Linier yang digunkan untuk menghitung hipotesis satu dan dua. Sedangkan Uji Regresi Linier Berganda untuk mengitung hipotesis yang ke tiga. Pada analisis Uji Regresi Linier Sederhana sebanyak dua kali yang pertama untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa, yang kedua untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa. selanjutnya pada analisis Regresi Linier Berganda sebanyak satu kali yakni untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis untuk pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa Fhitung = 51.921 ≥ Ftabel = 4,07 pada taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Jadi dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisis data untuk pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa Fhitung = 13.473 ≥ Ftabel = 4,07 pada taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Jadi dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dan hasil analisis data pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa Fhitung = 29,263 ≥ Ftabel = 4,07 pada taraf signifikansi 0,00 ≤ 0,05 Jadi dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis tersebut diterima sehingga ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik MI Roudlotun Nasyiin Purwokerto Srengat Blitar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143314 YUNITA BINTI ROSIDAH
Date Deposited: 06 Feb 2019 08:48
Last Modified: 06 Feb 2019 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item