NUR KHUFATUN NIZAR, 1741143271 (2019) STRATEGI PEMASARAN DAN PELAYANAN PRIMA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL PAHLAWAN CABANG GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (604kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul strategi pemasaran dan pelayanan prima dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Cabang Gondang Tulungagung. Penelitian ini ditulis oleh Nur Khufatun Nizar, jurusan Perbankan Syariah, NIM. 1741143271. Dosen pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE., MM. Kemajuan ekonomi telah mengakibatkan tingkat persaingan menjadi semakin tinggi, sehingga perusahaan yang mampu memberikan kepuasan kepada pelanggannya yang akan memperoleh simpati, demikian pula dengan calon anggota pembiayaan telah pandai memilah-milah produk mana yang memberikan keuntungan lebih serta pelayanan yang memuaskan. Perusahaan kebanyakanmenerapkan berbagai macam strategi guna menarik hati pelanggan, salah satunya yaitu strategi pemasaran. Perusahaan yang sudah berhasil mendapatkan pelanggan kemudian melanjutkannya dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap kebutuhan pelanggannya. Perusahaan kebanyakan dengan sengaja memanjakan pelanggannya melalui pelayanan yang diberikan, bahkan dewasa ini anggota pembiayaan sudah dianggap sebagai raja yang harus segera dipenuhi kebutuhan dan keinginannya, seperti dilayani secara cepat, dan akurat. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Menganalisa penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan cabang Gondang Tulungagung, 2)Menganalisa penerapan pelayanan prima dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan di Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan cabang Gondang Tulungagung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari lembaga Baitul Maal wa Tamwil Pahlawan Tulungagung dan data sekunder yang diperoleh dari literatur-literatur kepustakaan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumenter. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan metode perpanjangan keikutsertaan, triangulasi serta ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Strategi pemasaran yang diterapkan adalah strategi segmentasi, meliputi segmentasi geografis, psikografi gaya hidup dan pelanggan; Strategi targeting,meliputitargeting konsumen, value, volume, saluran distribusi dan media komunikasi; strategi positioning,meliputi positioning berdsasarkankesempatan khusus dan kategori khusus.2)Pelayanan prima yang diterapkan meliputi pelayanan prima reliability, meliputi reliability secaraakurat dan dapat dipercaya serta tingkat kesalahan; pelayanan prima responsiveness, meliputi responsiveness menolong pelanggan dan tindak lanjut; pelayanan prima assurance, meliputi assurance pengetahuan, kesopanan dan menumbuhkan kepercayaan; pelayanan primaempathy,meliputi empathy mampumenempatkan diri dan perhatian; serta pelayanan prima tangibles, meliputi tangibles sarana dan prasarana, kerapian ruangan dan kerapian petugas pelayanan. Kata kunci : Strategi pemasaran, pelayanan prima dan anggota.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 1741143271 NUR KHUFATUN NIZAR |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 03:44 |
Last Modified: | 04 Feb 2019 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10120 |
Actions (login required)
View Item |