PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL MNEMONIK PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU

SALISA MAULIDIYAH, 17505164041 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL MNEMONIK PADA SISWA KELAS II MI TARBIYATUSSIBYAN BOYOLANGU. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Kosakata Bahasa Inggris dengan Model Mnemonik Pada Siswa Kelas II MI Tarbiyatussibyan Boyolangu” ini ditulis oleh Salisa Maulidiyah dibimbing oleh Dr. Susanto, M.Pd, dan Dr. Abdul Manab, M.Ag. Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Model Mnemonik, Kosakata. Pengembangan bahan ajar kosakata Bahasa Inggris dengan Model Mnemonik ini di dasarkan pada observasi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti yang menemukan belum tersedianya bahan ajar kosakata yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa di lapangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi kebutuhan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu?, (2) Bagaimana desain model bahan ajar kosakata Bahasa Inggris dengan Model Mnemonik yang dihasilkan dalam pengembangan bahan ajar di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu?, (3) Adakah efektifias bahan ajar kosakata Bahasa Inggris yang di desain dengan Model Mnemonik yang dikembangkan di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu?. Tesis ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan deskripsi kebutuhan0 pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu (2 Menjelaskan desain model bahan ajar kosakata Bahasa Inggris dengan Model Mnemonik yang dihasilkan dalam pengembangan ini, (3) Untuk mengetahui keefektifan bahan ajar kosakata Bahasa Inggris yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall (2003) yang disederhanakan menjadi 7 tahapan diantaranya adalah sebagai berikut (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan (3) mengembangkan design awal produk, (4) melakukan uji coba awal produk, (5) melakukan revisi produk,(6) melakukan uji coba lapangan produk, (7) melakukan revisi produk dan penyempurnaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) kebutuhan bahan ajar yakni berupa bahan ajar yang menarik bagi siswa dan dilengkapi dengan media yang mendukung, (2) bahan ajar yang dihasilkan berupa bahan ajar kosakata kata sifat yang dilengkapi dengan kegiatan yang komprehensif, gambar ilustrasi dan lagu, Bahan ajar yang dihasilkan juga dapat di implementasikan ke dalam empat kemampuan bahasa yang meliputi menyimak, membaca, menulis dan berbicara (3)hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 75% dari ahli materi pertama dan 76% dari ahli materi yang kedua. Uji validasi dari ahli media diperoleh penilaian sebesar 75% dari ahli media yang pertama dan 90% dari ahli media yang kedua. Uji lapangan yang dilakukan terhadap guru memperoleh penilaian sebesar 99% pada aspek kelayakan materi, dan 95% pada aspek kelayakan media. Uji lapangan yang dilakukan terhadap siswa mendapatkan penilaian sebesar 97%. Berdasarkan perhitungan independent sample t-test diperoleh nilai sig (two-tailed) sebesar 0,005dan sig level sebesar 0,05 yang menunjukkan nilai sig (two-tailed) < sig level (0,005 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima Pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dalam bahan ajar ini memuat empat kompetensi bahasa yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Berdasarkan hasil uji validasi ahli, uji coba lapangan serta uji efektifitas dinyatakan bahwa bahan ajar kosakata Bahasa Inggris dengan Model Mnemonik ini sudah layak dan efektif untuk di implementasikan. Disarankan bagi sekolah yang memiliki karakteristik yang mirip bahan ajar kosakata Model Mnemonik ini untuk dapat diaplikasikan bagi siswa Kelas II.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 17505164041 SALISA MAULIDIYAH
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:49
Last Modified: 11 Feb 2019 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item View Item