PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN SISWA MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

ZULFA LUYYINA IFADAH, 1725143316 (2019) PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN SISWA MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kemandirian Dan Kedisiplinan Siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Zulfa Luyyina Ifadah, NIM 1725143316, Pembimbing Musrikah M. Pd Kata kunci : Ekstrakurikuler Pramuka, Kemandirian, Kedisiplinan Pendidikan tidak hanya untuk mengembangkan aspek intelektual saja melainkan juga watak, moral, sosial, dan fisik peserta didik atau dengan kata lain menciptakan manusia Indonesia seutuhnya. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka tidak hanya dapat bertumpu pada program persekolahan, yang sematamata hanya mengandalkan pada kegiatan kurikuler atau proses belajar mengajar didalam kelas saja, melainkan juga harus lebih dari itu, yaitu program kegiatan persekolahan diperkaya dengan adanya pembinaan kesiswaan melalui kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, memperkenalkan hubungan antar berbagai mata pelajaran, mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, menyalurkan minat dan bakat serta melengkapi upaya untuk pembinaan manusia seutuhnya. Berkenaan dengan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian dan kedisiplinan siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakulikuler pramuka terhadap kemandirian siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Adakah pengaruh mengikuti ekstrakulikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan tiga variabel terdiri dari dua variabel dependen dan satu variabel independen variabel independen dalam penelitian ini yaitu ektrakurikuler pramuka (X), variabel dependen dalam penelitian ini yaitu kemandirian (Y1) dan kedisiplinan (Y2). Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dengan populasi sebanyak 335 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel sebanyak 50 siswa diambil dari kelas V, yaitu kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. xviii Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar sebesar Thitung= 7, 267 >Ttabel= 1,677 pada signifikansi 0,00< 0,05. Variabel ekstrakurikuler pramuka memberikan sumbangan efektif sebesar 52,4% terhadap kemandirian siswa, sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti (2) ada pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar sebesar Thitung= 5,810>Ttabel= 1,677 pada signifikansi 0,00 < 0,05 Variabel ekstrakurikuler pramuka memberikan sumbangan efektif sebesar 41,3 % terhadap kedisiplinan siswa, sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143316 ZULFA LUYYINA IFADAH
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:55
Last Modified: 06 Feb 2019 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10128

Actions (login required)

View Item View Item