PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH TAHUN AJARAN 2018/2019 DENGAN MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

SRI WULANDARI, 17204153040 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUL FALAH TAHUN AJARAN 2018/2019 DENGAN MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (961kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Minat dan Hasil Belajar Kelas VII MTs Darul Falah Tahun Ajaran 2018/2019 dengan Materi Persamaan Linear Satu Variabel” ini ditulis oleh Sri Wulandari, NIM 17204153040, dengan dosen pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya asumsi negatif yang dimiliki siswa mengenai pelajaran matematika, kurangnya minat belajar matematika, hasil belajar matematika yang masih dibawah rata-rata KKM. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar minat dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Kemudian, model pembelajaran inkuiri ini merupakan salah satu model pembelajaran yang dirasa dapat membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah Tahun Ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah Tahun Ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah Tahun Ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Darul Falah tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol menggunakan tehnik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah tahun ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05. (2) Hasil menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah tahun ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Hasil menujukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Falah tahun ajaran 2018/2019 dengan materi persamaan linear satu variabel. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pada Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root pada effect faktor dan diperoleh keseluruhan data yang sama yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153040 SRI WULANDARI
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:50
Last Modified: 20 Feb 2019 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item View Item