EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) TIPE POST SOLUTION POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN METODE DRILL (LATIHAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV DI MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

KARINA PURBA SARI, 17204153151 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) TIPE POST SOLUTION POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DENGAN METODE DRILL (LATIHAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV DI MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Pengajuan Soal (Problem Posing) Tipe Post Solution Posing dan Model Pembelajaran Open Ended dengan Metode Drill (Latihan) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Spldv” yang ditulis oleh Karina Purba Sari, NIM 17204153151 ini dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Problem posing, post solution posing, Open ended, Metode drill, dan Hasil belajar Rendahnya hasil belajar matematika siswa khususya materi sistem persamaan linier dua variabel diantaranya disesbabkan siswa kesulitan dalam memahami materi, siswa takut dan malu untuk bertanya, kurangnya latihan latihan soal dan guru belum menggunakan bermacam model pembelajaraan yang lebih cocok untuk karakteristik siswa. Oleh karena itu, perlu diciptakan suasana belajar yang melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, serta guru harus memberikan umpan balik kepada siswa supaya hasil belajar matematika siswa khususnya materi spldv meningkat. Seperti model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dan open ended dengan metode drill . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan soal (problem posing) tipe post solution posing terhadap hasil belajar matematika siswa materi SPLDV di MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended dengan metode drill (latihan) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa materi SPLDV di MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui yang lebih efektif antara model pembelajaran pengajuan soal (problem posing) tipe post solution posing dan model pembelajaran Open Ended dengan metode drill (latihan) terhadap hasil belajar matematika siswa materi SPLDV di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experiment. instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan soal tes (post-test untuk mengetahui perbedaan hasil matematika siswa khususnya materi spldv). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I mengunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran open ended dengan metode drill dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol mengunkan model pembelajaran konvensional, dengan kelas VIII B berjumlah 38, kelas VIII C berjumlah 37, dan kelas VIII D berjumlah 38 , Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t atau uji beda yang sebelumnya di uji prasyarat (homogenitas dan normalitas) dan uji Anova Satu Jalur. Hasil hitung menunjukkan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153151 KARINA PURBA SARI
Date Deposited: 18 Feb 2019 06:36
Last Modified: 18 Feb 2019 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item View Item