PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDI AL - MUNAWWAR KARANGWARU TULUNGAGUNG

LINA JINATUL FALAH, 17205153015 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MEMECAHKAN MASALAH TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SDI AL - MUNAWWAR KARANGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah Tematik Peserta Didik Kelas V SDI Al – Munawwar Karangwaru Tulungagung”, Ini ditulis oleh Lina Jinatul Falah, NIM. 17205153015. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag NIP: 19760827 200501 1 005 Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Memecahkan Masalah Latar belakang pada penelitian ini peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik kesulitan dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah pada suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Hal ini karena model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model baru dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah tematik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Menjelaskan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. 2) Menjelaskan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. 3) Menjelaskan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDI Al – Munawwar Karangwaru Tulungagung. Populasi yang digunakan dalam peneltiian ini adalah semua kelas V dengan jumlah 55 peserta didik. Sampel yang digunakan peneliti adalah peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 peserta didik dan kelas VC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 peserta didik. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui kondisi awal peserta didik. sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data peserta didik kelas V SDI Al – Munawwar Karangwaru Tulungagung. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulunaggung. 2) ada tidaknya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDIAl- Munawwar Karangwaru Tulungagung. 3) Ada tidaknya pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. Hasil analisis data dalam penelitian ini antara lain: 1) Ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulunaggung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa nilai signifikannya 0,001 ≤ 0,05. 2) Ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa nilai signifikannya 0,001 ≤ 0,05. 3) Ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah tematik tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 SDI Al- Munawwar Karangwaru Tulungagung. Dapat dilihat dari perhitungan menggunakan SPSS 16.0 menunjukkan bahwa nilai signifikannya 0,001 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153015 LINA JINATUL FALAH
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:10
Last Modified: 18 Feb 2019 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10188

Actions (login required)

View Item View Item