PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK

RAHMAWATI DWI RAHAYU, 17201153217 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek”, ini ditulis oleh Rahmawati Dwi Rahayu, NIM 17201153217, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Media audio visual, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara menyajikan materi Haji dalam mata pelajaran Fiqih kepada siswa sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien atau hasil yang maksimal. Kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media audio visual dalam upaya peningkatan mutu pengajaran yang baik, dan penggunaan media audio visual masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek afektif siswa kelas X pada mata Fiqih di MAN 1 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek? Sedangkan tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek afektif siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah expost-facto. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket untuk mengukur penggunaan media audio visual, tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa, angket untuk mengukur hasil belajar afektif siswa dan dokumentasi digunakan untuk mengukur hasil belajar psikomotorik siswa. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan regresi linier sederhana hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa Kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalekyang ditunjukkan dari thitung> ttabel (2,124 > 1,994). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan media audio visual adalah 0,037 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,037 (0,037 <0,05). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek afektif siswa Kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek yang ditunjujukkan dari thitung> ttabel (2,038 > 1,994). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan media audio visual adalah 0,024 dan nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,024 (0,024 < 0,05). (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual tentang tata cara ibadah haji terhadap hasil belajar aspek psikomotorik siswa Kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek yang ditunjukkan datri -thitung> -ttabel (-2,032 > - 1,994). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan media audio visual adalah 0,046 dan nilai tersebut lebih kecil dari pribabilitas 0,046 (0,046 < 0,05). Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran Fiqih di MAN 1 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SKRIPSI 17201153217 RAHMAWATI DWI RAHAYU
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:05
Last Modified: 18 Feb 2019 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item View Item