PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH (Studi Multi Situs Di MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma’arif Tulungagung)

FIRDAUS, 17506164024 (2019) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH (Studi Multi Situs Di MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma’arif Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Firdaus, NIM. 17506164024. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih (Studi Multi Situs Di MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma‟arif Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata Kunci : “Peranan guru Fikih, Prestasi Belajar.” Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah dan Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif Tulungagung merupakan lembaga pendidikan Islam swasta, yang memiliki peran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Peran tersebut dicoba untuk dijalani sesuai dengan keadaan obyektif yang ada di lembaga ini. Para warga sekolah memahami peran itu hanya dapat dilaksanakan dengan menyelenggarakan proses pendidikan yang baik bagi siswa yang bersekolah di lembaga ini. Untuk meraih cita-cita tersebut, maka proses pembelajaran itu harus dikelola dengan baik. Dengan perkataan lain diperlukan upaya dan kondisi tertentu untuk meningkatkan prestasi belajar tersebut. Fokus penelitian tesis ini adalah: 1) Peran Guru MTs Darul Hikmah dan MTs Al Ma‟arif Tulungagung dalam meningkatkan prestasi belajar fikih, 2) Kendala dan solusi yang diupayakan guru dalam meningkatkan prestasi belajar fikih di MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma‟arif Tulungagung 3) Implikasi dari Peran yang dilakukan guru MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma‟arif Tulungagung terhadap peningkatan prestasi belajar fikih. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi multi situs, dan pendekatan penelitian adalah kualitatif. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Data Reduction (Reduksi Data) yaitu berupa Analis Data Tunggal dan Analisis Data Lintas Situs, Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (Verifikasi).Hasil penelitian: 1) Guru fikih di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah dan Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif Tulungagung menerapkan lima dan Enam peran guru dari ketiga belas guru berdasarkan menurut Syaiful Bhari Djamarah, keenam peran tersebut adalah peran guru sebagai Inspirator, Organisator, pengelola kelas, inisiator, Motivator, dan Evaluator. 2) Guru Fikih Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah dan Madrasah Tsanawiyah Al-Ma‟arif Tulungagung memiliki kendala masing-masing dan solusi yang diupayakan untuk mengatasi kendala tersebut juga berbeda. 3) Implikasi dari peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar fikih di MTs Darul Hikmah dan MTs Al-Ma‟arif adalah terletak pada perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar dilaksanakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164024 FIRDAUS
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:31
Last Modified: 18 Feb 2019 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item