FITRI FATIMATUZ ZAHROK, 17401153406 (2019) PENGARUH STRATEGI WORD OF MOUTH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (609kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Strategi Word Of Mouth dan Religiusitas terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung)” ini ditulis oleh Fitri Fatimatuz Zahrok, NIM. 17401153406, pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya informsi getok tular (word of mouth) yang dilakukan oleh pengguna perbankan syariah kepada masyarkat dengan menyampaikan informasi positif mengenai perbankan syariah secara umum. Serta mengenai tingkat religiusitas mahasiswa perbankan syariah semester 5 dan 7 FEBI IAIN Tulungagung yang cenderung naik turun akankah berpengaruh terhadap minat mereka menggunakan jasa perbankan syariah. Dalam kenyataannya meskipun informasi getok tular dan tingkat religiusitas mereka tinggi belum tentu mereka menggunakan jasa perbankan syariah. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adanya pengaruh variabel word of mouth mahasiswa terhadap minat menabung di perbankan syariah, 2) adanya pengaruh antara religiusitas mahasiswa terhadap minat menabung di perbankan syariah, 3) adanya pengaruh secara simultan atau bersama antara word of mouth dan religiusitas mahasiswa terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran angket secara online menggunakan google form. Subyek penelitian berjumlah 136 responden, jumlah tersebut diambil dari jumlah populasi mahasiswa jurusan perbankan syariah semester 5 dan 7 yang memiliki rekening bank syariah. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, yang terdiri dari dua variabel dependen dan satu variabel independen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan metode validitas dan reabilitas, normalitas, asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji parameter individual atau uji t parsial dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh word of mouth mahasiswa terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan nilai t hitung sebesar 4,793 dengan nilai taraf signifikansi 0,000 berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh antara tingkat religiusitas mahasiswa terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan nilai t hitung sebesar 4,416 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,000, yang berarti hipotesis diterima. Word of mouth dan tingkat religiusitas mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai F-hitung (79,585) > F-tabel (3,0642). Artinya Hipotesis diterima bahwa antara word of mouth dan religiusitas secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terdapat minat menabung di perbankan syariah.. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi word of mouth dan religiusitas mahasiswa maka semaki tinggi pula minat mahasiswa menabung di bank syariah. Kata Kunci: word of mouth (Getok tular), Religiusitas dan Minat Menabung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153406 FITRI FATIMATUZ ZAHROK |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 07:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10221 |
Actions (login required)
View Item |