STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR’AN SANTRI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH DESA NGLONGSOR KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK

FEBRIANI NGIZZATUN NISAK, 17201153500 (2019) STRATEGI USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL- QUR’AN SANTRI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH AL-MUNAJAH DESA NGLONGSOR KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febriani Ngizzatun Nisak, 17201153500. Strategi Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas 3 Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Tulungagung, Pembimbing: Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Ustadz, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih ada santri yang kemampuan membaca Al-Qur’an kurang khususnya kelas 3 Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Disini peneliti ingin mengetahui strategi ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek ?; 2. Bagaimana cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal individu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek ?; 3. Bagaimana cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal baca simak dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Menghasilkan cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek; 2. Menghasilkan cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal individu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek; 3. Menghasilkan cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal baca simak dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek. Rancangan penelitian: pendekatan: kualitatif; jenis penelitian: deskriptif; lokasi penelitian: Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek; sumber data: hasil wawancara, observasi dan dokumentasi; teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi; teknik analisis data: reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan; pengecekan dan keabsahan data: ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: 1. Cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek yaitu (a) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an menggunakan sistem sorogan yaitu diawali santri maju satu persatu di hadapan guru dengan membawa kartu prestasi. Kemudian santri membaca Al-Qur’an sesuai dengan jilidnya. Ustadz menyimak santri dengan satu persatu kemudian dinilai bacaannya dalam kartu prestasi; (b) Metode yang di gunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an di yaitu metode tilawati; (c) Peran ustadz adalah sebagai evaluator; 2. Cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal individu dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek: (a) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an menggunakan sistem klasikal individu yaitu Membaca juz’amma secara bersama-sama. Ustadz membacakan halaman yang akan di tambahkan kepada santri dan di baca dengan berulang-ulang. Halaman yang ditambahkan Setelah ustadz selesai membacakan maka santri menirukan bacaan ustadz. Sebelum pembelajaran di tutup santri menghafal juz’amma yaitu surat yang ditambahkan ustadz minggu kemarin; (b) Materi pelajaran tambahan pada saat pembelajaran Al-Qur’an pelajaran juz’amma; (c) Metede pembelajaran menggunakan metode tilawati; (d) Peran ustadz adalah sebagai pembimbing dan motivator; 3. Cara yang dilakukan ustadz dengan menggunakan sistem klasikal baca simak dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas 3 di Madrasah Diniyah Al-Munajah Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek; (a) Langkah-Langkah Pembelajaran membaca juz’amma secara bersama-sama sampai dengan surat terakhir yang sudah di ajarkan. Ustadz membacakan halaman yang akan di tambahkan kepada santri dan di baca dengan berulang-ulang. Setelah ustadz selesai membacakan maka santri menirukan bacaan ustadz secara bersama-sama. Kemudian santri membaca satu persatu halaman yang di tambahkan ustadz dengan di simak oleh santri yang lain. Sebelum pembelajaran di tutup santri menghafal juz’amma; (b) Materi tambahan adalah pelajaran juz’amma; (c) Menggunakan metode tilawati (d) Peran ustadz dalam pembelajaran Al-Qur’an menggunakan sistem klasikal baca simak ini adalah sebagai pembimbing dan motivator; (e) Ustadz mengajarkan Al-Qur’an sampai tuntas yakni santri-santrinya mampu melafalkan Al-Qur’an dengan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201153500 Febriani Ngizzatun Nisak
Date Deposited: 19 Feb 2019 06:59
Last Modified: 30 Mar 2020 13:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item