LEIDYAS IMAYORA, 1726143025 (2019) UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI RAUDLATUL ATHFAL ARROHMAH KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (316kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (780kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Upaya Meningkatkan Karakter Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Raudlathul Athfal Arrohmah Kalibatur Kalidawir Tulungagung" ini ditulis oleh Leidyas Imayora dengan dibimbing oleh Mirna Wahyu Agustina,M.Psi .Kata Kunci: Karakter kemandirian, metode cerita, media audio visual. Latar Belakang Masalah: Pendidikan karakter itu harus dimulai sejak anak usia dini menjadi pandangan yang ideal di masyarakat. Karena untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan memiliki kepribadian yang berkarakter sangat tepat dimulai dari masa usia dini yang dilakukan melalui pendidikan anak usia dini. Banyak indikator pengembangan pendidikan anak usia dini yang berkaitan dengan karakter, salah satu di antaranya adalah pengembangan karakter kemandirian yang meliputi keberanian untuk tampil didepan umum, tanggung jawab terhadap tugasnya, merapikan peralatan mainan maupun perlengkapan makanannya sendiri. Kemandirian pada anak usia dini harus sudah dilatih sedini mungkin, agar mereka mampu dalam menghadapi masalah mereka pada masa mendatangnya. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan karakter kemandirian anak tidaklah mudah. Kesulitan pengembangan karakter kemandirian anak itu tentu diasumsikan oleh banyak sebab, terutama berkait dengan kemandirian, anak mempunyai banyak hambatan salah satu di antaranya adalah karena anak masih banyak bergantung pada orang lain terutama orang tuanya. Berkaitan dengan upaya pengembangan kemandirian anak, seorang guru di Raudhatul Athfal harus dapat memilih metode dan media pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemandirian anak. Rumusan Masalah: (1). Bagaimanakah penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan karakter kemandirian anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur?. (2). Bagaimana peningkatan karakter kemandirian anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur?. Hipotesis Tindakan: Jika metode bercerita dengan media audio visual diterapkan dengan baik, maka karakter kemandirian anak di Raudhatul Arrohmah Kalibatur, akan meningkat . Metode Penelitian: (1). Jenis Penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). (2). Lokasi dan subyek penelitian: RA Arrohmah Kalibatur kelas B. (3). Teknik pengumpulan data: observasi, Dokumentasi. (4). Analisis data: Data kuantitatif dengan teknik persentase. Prosedur penelitian: Plan, act, observe, reflect dengan menerapkan tiga siklus pembelajaran. Hasil Penelitian: (1). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan karakter kemandirian anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur diterapkan dengan melakukan rekayasa sesuai dengan tingkat kejiwaan anak. (2). Menggunakan metode cerita dengan media audio visual dapat meningkatkan karakter kemandirian anak di Raudhatul Athfal Arrohmah Kalibatur.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 1726143025 Leidyas Imayora |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 06:44 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 12:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10241 |
Actions (login required)
View Item |