“MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA ALAM SEKITAR DI KELOMPOK A TK AISYIYAH NGUNUT 3 TULUNGAGUNG”

RETNO MUNINGGAR, 1726143046 (2019) “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BENTUK GEOMETRI DENGAN MEDIA ALAM SEKITAR DI KELOMPOK A TK AISYIYAH NGUNUT 3 TULUNGAGUNG”. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul: “Meningkatkan Kemampuan Matematika Bentuk Geometri Dengan Media Alam Sekitar Di Kelompok A TK Aisyiyah Ngunut 3” ini ditulis oleh Retno Muninggar. NIM. 1726143046. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Fakultas: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Bentuk Geometri, Media Alam Sekitar Latar Belakang Masalah: Kegiatan pembelajaran matematika pada anak disusun secara terpadu melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks kehidupan anak dan pengalaman-pengalaman nyata. Pendidik dapat menggunakan media permainan dalam pembelajaran yang memungkinkan anak bekerja dan belajar secara individual, kelompok dan juga klasikal.Penggunaan media pada kegiatan pembelajaran matematika anak usia dini, khususnya dalam pengenalan bentuk geometri bertujuan mengembangkan pemahaman anak terhadap bentuk-bentuk geometri dengan benda-benda kongkrit sebagai pondasi yang kokoh pada anak untuk mengembangkan kemampuan matematika pada tahap selanjutnya.Geometri merupakan ilmu ukur yang mempelajari sebuah bidang.Untuk anak TK, objek tersebut meliputi benda-benda seperti daun-daun, bebatuan, buku, caping, gunung, kayu, dan dirinya sendiri merupakan objek geometri.Berbagai bentuk geometri seperti segitiga,lingkaran, persegiempat, persegipanjang, merupakan objek yang dapat dipelajari melalui metode ilmiah. Permasalahan: (1) Bagaimana penggunaan media alam sekitar untuk meningkatkan kemampuan matematika bentuk geometri? (2) Bagaimana keefektifitasan media alam sekitar untuk meningkatkan kemampuan matematika bentuk geometri ?Tujuan Penelitian: (1) Mendeskripsikan penggunaan media alam sekitar untuk meningkatkan kemampuan matematika bentuk geometri. (2) Mendeskripsikan keefektifitasan media alam sekitar untuk meningkatkan kemampuan matematika bentuk geometri. Hipotesis Tindakan: Jika penggunaan media alam sekitar dapat diterapkan di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Ngunut maka kemampuan matematika bentuk geometri anak akan meningkat. Metode Penlitian: (1) Jenis Penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (2) Lokasi dan Subyek Penelitian: TK Aisyiyah Ngunut 3 dengan subyek Kelas A. (3) Teknik Pengumpulan Data: observasi, dokumentasi. (4) Analisis data: Data Kuantitatif dengan teknik presentase. Prosedur penelitian: Plan, Act, Observe, Reflect dengan menerapkan 3 siklus pembelajaran. Hasil Penelitian: Penggunaan media yang nyata yaitu benda-benda yang ada di sekitar justru akan mempermudah anak dalam menerima materi pembelajaran dari guru khususnya materi tentang bentuk geometri, sehingga perkembangan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri akan meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143046 RETNO MUNINGGAR
Date Deposited: 29 May 2019 02:09
Last Modified: 29 May 2019 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item