PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AHMAD DARUR ROZIQIN, 1721143023 (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEPRIBADIAN DAN PROFESIONALISME GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V..pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI..pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN..pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kediplinan dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Ahmad Darur Roziqin, NIM. 1721143023. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto M,Si, NIP. 1975055232006041002 Kata Kunci: Persepsi Siswa Kepribadian Guru, Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangngi oleh sebuah fenomena bahwa persepsi siswa tentang kepribadian dan profesionalisme yang diberikan guru PAI dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian dan profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah: (1) Adakah Pengaruh Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah Pengaruh Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?, (3) Adakah Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung?. Tujuan penelitian: Bagi lembaga pendidikan formal maupun informal, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara riil mengenai kondisi kepribadian dan profesionalisme guru PAI kepada peserta didik, serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa, sehingga bisa menjadi masukan untuk mengadakan evaluasi dan pengembangan ke arah yang lebih baik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, yang terdiri dari 355 siswa . Dengan teknik penelitian populasi dengan kata lain dengan menggunakan sampel. Variabel bebas: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam, dan Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Variabel terikat: Motivasi Belajar Siswa. Sumber data: Responden dan Dokumen. Teknik pengumpulan data: angket, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, Uji T dan Uji F dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2.263 dan ttabel = 1,993 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapatdisimpulkan thitung > ttabel . (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2.500 dan ttabel = 1,993 dengan taraf signifikan 0,05 yang dapat disimpulkan thitung > ttabel. (3) Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 1 Tulungagung, yang ditunjukan oleh nilai Fhitung = 10,703 dan Ftabel = 2,73 dengan sig= 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel atau sig < α (0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143023 AHMAD DARUR ROZIQIN
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:23
Last Modified: 01 Mar 2019 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item