RIZKA ERMA FEBRIANA, 2811123201 (2019) KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI MULTI SITUS DI SMP NEGERI 1 DAN 2 KANDAT KABUPATEN KEDIRI). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Kreativitas Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs di SMP Negeri 1 dan 2 Kandat)” ini ditulis oleh Rizka Erma Febriana, dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I dan Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci : Kreativitas Guru PAI, Motivasi Belajar Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh masalah kreativitas seorang guru PAI dalam pembelajaran. Mata Pelajaran PAI yang sering dianggap mudah oleh siswa sehingga siswa sering mengalami kebosanan ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut mayoritas disebabkan oleh cara mengajar guru yang monoton. Masalah ini yang harus diperhatikan oleh guru PAI, bagaimana seoraang guru dapat berkreasi dalam mengajar guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah kreativitas guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana Kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 dan 2 Kabupaten Kediri ? (2) Bagaimana Kreativitas guru PAI dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 dan 2 Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana Kreativitas guru PAI dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 dan 2 Kabupaten Kediri ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa,(2) untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs hingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : (1) Kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran yakni menyesuaikan dengan materi yang disampaikan, mempertimbangkan kondisi siswa, fasilitas mengajar, lamanya waktu mengajar dan kondisi lingkungan mengajar. Selain itu, agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan, guru juga melakukan variasi berbagai macam metode pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas.Diantara metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 dan 2 Kandat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain : a) penggunaan metode diskusi dan tanya jawab, b) metode ceramah, c) metode praktek/demonstrasi, , d) metode hafalan, e) metode pembiasaan, f) metode CTL, g) metode proyek dan h) metode jelajah lingkungan. (2) Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran yakni dengan menggunakan media yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Kreativitas guru PAI dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 dan 2 Kandat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa antara lain : a) Penggunaan media power point, b) media kartu permainan, c) puzzle, d) Whatsapp group, e) buku-buku perpustakaan, dan media cetak lain seperti koran. dan f) penggunaan media elektronik seperti komputer (internet), televisi dan radio. (3) Kreativitas guru PAI dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 dan 2 Kandat dilakukan dengan cara : a) pengaturan tempat duduk yang bervariasi, b) pengoptimalan lingkungan sekolah sebagai wahana belajar, c) penerapan sistem “denda hijau‟ bagi siswa yang melanggar tata tertib, dan d) penataan ruang kelas yang memberikan kenyamanan kepada siswa ketika belajar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123201 RIZKA ERMA FEBRIANA |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 06:59 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10280 |
Actions (login required)
View Item |