Kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung

Hakim, Nur (2010) Kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.rtf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB IV + V.docx

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.doc

Download (135kB)
[img] Text
sampul.doc

Download (135kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : kerjasama, minat belajar. Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1). Bagaimana kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung? 2). Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempegaruhi kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu; sumber data primer yaitu guru sebagai informan kunci dan sumber data skundernya adalah kepala sekolah, karyawan, wali murid dan dokumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Kemudian teknik dalam analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing (Verifikasi). Hasil Penelitian: 1) Kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah: Mengadakan pertemuan dengan orang tua pada hari penerimaan murid baru dan pada saat penerimaan raport serta pada waktu perpisahan kelas tiga, adanya kunjungan ke rumah anak didik, mengadakan surat menyurat dengan wali murid, serta mengadakan perkumpulan orang tua dan guru (POMG) 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Kedungwaru: Faktor pendukungnya adalah seperti adanya percakapan guru dengan orang tua untuk mengetahui begaimana pemberian pendidikan agama di rumah, bersedianya orang tua untuk datang ke sekolah untuk mendiskusikan pelajaran-pelajaran agama anak serta tersedianya alat-alat untuk menunjang minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Faktor penghambat kerjasama yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kedungwaru ini adalah pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor latar belakang keduanya siswa yang berbeda-beda. Seperti adanya faktor lingkungan keluarga yang tidak memperhatikan belajar agama Islam anaknya, adanya orang tua yang tidak mengenal agama Islam. Sehingga seakan-akan orang tua meremehkan pendidikan agama Islam dan lebih mementingkan bidang studi lain, serta kondisi ekonomi wali murid yang kurang mampu sehingga pemenuhan fasilitas-fasilitas belajar anak di dalam menunjang minat belajarnya tidak tersedia sepenuhnya hal tersebut ditambah dengan adanya wali murid yang tidak mengerti dengan kondisi dan masalah-masalah belajar anaknya di rumah dan di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Feb 2015 07:50
Last Modified: 04 Feb 2015 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item