PENDEKATAN BROAD BASED EDUCATION BERORIENTASI PADA PENDIDIKAN LIFE SKILLS UNTUK MENUJU KEMANDIRIAN SISWA (Studi Multikasus di SDI Al-Azhaar dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung)

MAR ATUSH SOLIHAH, 17505164027 (2019) PENDEKATAN BROAD BASED EDUCATION BERORIENTASI PADA PENDIDIKAN LIFE SKILLS UNTUK MENUJU KEMANDIRIAN SISWA (Studi Multikasus di SDI Al-Azhaar dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Solihah, Mar Atush, 2018. “Pendekatan Broad Based Education Berorientasi pada Pendidikan Life Skills untuk Menuju Kemandirian Siswa” (Studi Multikasus di SDI Al-Azhaar dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbimg (1) Dr. H. Nur Kholis, M.Pd dan (2) Dr. Lukluk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendekatan Broad Based Education, Pendidikan Life Skills, Kemandirian Siswa Kehidupan sehari-hari setiap manusia memang selalu dihadapkan pada problem hidup, untuk memecahkan problem kehidupan seperti itu seseorang akan berusaha mencermati kemampuan apa yang mereka miliki sehingga sukses, atau setidaknya dapat bertahan hidup dalam situasi yang serba berubah. Pendidikan pun kini dihadapkan pada berbagai perubahan dalam bentuk aspek kehidupan di masyarakat. Melalui perubahan itu, dunia pendidikan dituntut mampu memberikan kontribusi nyata berupa peningkatan kualitas hasil dan pelayanan kepada masyarakat. Guna mewujudkan visi, misi, dan tujuan pendidikan sesuai dengan agenda reformasi dan standar nasional, pemerintah telah membuat progam berkaitan dengan kurikulum yakni Broad Based Education (Pendidikan Berbasis Luas) yang berorientasi pada pendidikan Life Skills (kecakapan hidup) dan biasa disingkat BBE-LS. Broad Based Education merupakan suatu pendekatan yang memiliki karakteristik bahwa proses pendidikan bersumber pada nilai-nilai hidup yang berkembang secara luas di masyarakat dan di implementasikan dalam bentuk pendidikan kecakapan hidup. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Pendekatan Broad Based Education Berorientasi pada Pendidikan Life Skills untuk Menuju Kemandirian Siswa Studi Multikasus di SDI Al-Azhaar dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung. Adapun pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pembelajaran dalam implementasi pendekatan broad based education berorientasi pada pendidikan life skills untuk menuju kemandirian siswa di SDI Al-Azhaar Tulungagung dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung? (2)Bagaimana efektivitas pembelajaran melalui pendekatan broad based education berorientasi pada pendidikan life skills untuk menuju kemandirian siswa di SDI Al-Azhaar Tulungagung dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pola deskriptif. Jenis penelitannya menggunakan rancangan multikasus. Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu kata-kata dan tindakan, sumber tertulis, dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data kasus tunggal dilakukan melalui pengumpulan data dan membuat catatan-catatan, deskripsi dan mengklasifikasi data, representasi dan visualisasi, serta analisis data lintas kasus. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian adalah (1) Strategi pembelajaran dalam implementasi pendekatan broad based education berorientasi pada pendidikan life skills untuk menuju kemandirian siswa di SDI Al-Azhaar Tulungagung dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung dilaksanakan melalui 2 strategi yakni strategi ekstra kurikuler dan intra kurikuler. (2) Efektivitas pembelajaran melalui pendekatan broad based education berorientasi pada pendidikan life skills untuk menuju kemandirian siswa di SDI Al-Azhaar Tulungagung dan MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung terwujud dengan kemandirian pada diri peserta didik yang mencakup kemandirian personal, akademik, sosial, dan vokasional.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 17505164027 MAR ATUSH SOLIHAH
Date Deposited: 28 Mar 2019 06:47
Last Modified: 28 Mar 2019 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item