IMPLEMENTASI METODE HAFALAN ALQURAN PESERTA DIDIK DI MI AL-AZHAAR BANDUNG TULUNGAGUNG

RETNO AYU NUR LAILIYAH, 17205153378 (2019) IMPLEMENTASI METODE HAFALAN ALQURAN PESERTA DIDIK DI MI AL-AZHAAR BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Retno Ayu Nurlailiyah, NIM: 17205153378, “Implementasi Metode Hafalan Alquran Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhaar Bandung Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019, Pembimbing: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Metode Hafalan Alquran, Peserta Didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yaitu MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung yang menerapkan metode hafalan untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal Alquran. Penggabungan beberapa metode ini disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran Alquran di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung yaitu: metode Ummi, Takrir dan Muraja’ah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana teknik metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana tujuan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana hambatan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan teknik metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung 2) Mendeskripsikan tujuan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung 3) Mendeskripsikan hambatan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling, sedangkan analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamat, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, metode. Tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data penyelesaian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, teknik metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung, yaitu (a) Metode Ummi, salah satu metode dalam pembelajaran Alquran. Ummi bermakna Ibu yang identik dengan sabar, mudah dan menyenangkan (b) Metode Takrir, mengulang ulang bacaan Alquran yang akan dihafal (c) Metode Muraja’ah, mengulang bacaan Alquran yang sudah dihafal. Kedua, tujuan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung, yaitu: (a) Menjaga dan meningkatkan hafalan Alquran peserta didik (b) Melatih konsentrasi dan dayaingat (c) Melatih ketrampilan mendengar dan menyimak (d) Membantu peserta didik agar lebih konsisten dalam membaca dan menghafalkan Alquran. Ketiga, hambatan metode hafalan Alquran peserta didik di MI Al-Azhaar Bandung Tulungagung, yaitu: (a) Tidak bisa mencapai target hafalan (b) Halaman mengaji berbeda (c) Kemampuan siswa berbeda (d) Ada kelompok yang kurang kondusif (e) Tidak bisa mengatur waktu muraja’ah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153378 RETNO AYU NUR LAILIYAH
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:04
Last Modified: 12 Apr 2019 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10432

Actions (login required)

View Item View Item