MIFTAKUL SAKDIYAH, 17201153082 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (379kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakul Sakdiyah, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 17201153082 Tahun 2019 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: pendidikan karakter, pembelajaran PAI Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi maraknya kasus krisis moral yang terjadi di masyarakat sehingga mengakibatkan nilai moral di lingkungan masyakarat menurun dan perlu dilakukan penanganan yang serius. Oleh karena itu, saat ini nilai karakter diintegrasikan ke dalam lingkup-lingkup pendidikan dengan tujuan untuk membantu memperbaiki rusaknya moral yang terjadi sekarang ini. Melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ada di sekolah diharapkan dapat menciptakan kondisi masyarakat yang bermoral dan berkarakter mulia serta memiliki sikap intelektual yang bagus sesuai dengan arah tujuan pendidikan nasional. Karena tujuan dari pendidikan sendiri bukan hanya menguasai materi secara teori saja, akan tetapi juga harus mampu menerapkan nilai-nilai karakter dari materi yang sudah dipelajari. Untuk itu penanaman nilai karakter dianggap sangat penting dan berperan dalam memperbaiki krisis moral saat ini. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana langkah implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung ? 2) Bagaimana hambatan dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung ? 3) Bagaimana dampak implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI dilaksanakan oleh guru PAI melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Untuk nilai karakter yang ditanamkan pada pembelajaran PAI disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Akan tetapi ada nilai karakter yang menjadi perhatian guru, diantaranya : religius, disiplin, jujur, tanggung jawab dan komunikatif/bersahabat. Untuk pengembangan materi pada pelajaran PAI sekolah mengintegrasikan nilai karakter melalui pembiasaan shalat dhuhur berjamaah, shalat Jumat dan shalat dhuha. 2) hambatan yang dirasakan guru dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI adalah kepribadian dari masing-masing anak yang tidak sama dalam merespon penerapan nilai karakter, kurangnya dukungan dan rasa perhatian dari lingkungan rumah peserta didik, masjid yang dijadikan sarana prasarana sekolah belum cukup imbang menampung jumlah keseluruhan warga sekolah. 3) xiv dampak implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI adalah timbulnya kesadaran dalam diri peserta didik untuk menerapkan nilai karakter di dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153082 MIFTAKUL SAKDIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 04:21 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10436 |
Actions (login required)
View Item |