PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

IRVINA ZUNAIDA, 17201153136 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung Tahun 2018/2019” yang ditulis oleh Irvina Zunaida, NIM. 17201153136, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci: Numbered Head Together (NHT),Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya peserta didik ketika dalam proses pembelajaran tidak memperhatikan penjelasan dari guru bahkan mereka ramai sendiri. Beberapa tenaga pendidik disekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan belajar. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal di MTsN 5 Tulungagung. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang inovasi salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT ). Numbered Head Together (NHT ) adalah bagian dari model pembelajaran kooperatif struktural, menekankan pada struktur-struktur khusus, dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap Hasil Belajar ranah Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap Hasil Belajar ranah Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar ranah Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTsN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau desain eksperimen semu tipe Non-equivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran NHT (Number Head Together) Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 untuk kelas B dan kelas D. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki pengaruh yang baik dengan perbedaan rata-rata 1.088. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan, pada hasil belajar Afektif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,002 untuk kelas B dan 0,003 untuk kelas D. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 jadi hal ini memiliki hasil yang baik dengan perbedaan rata-rata rata 2.60098. (3) Tidak terdapat pengaruh pada hasil belajar Psikomotorik, bahwa nilai signifikan sebesar 0,889 untuk kelas B dan 9.01 untuk kelas D. Nilai tersebut lebih besar dari nilai 0,05. Jadi hal ini menunjukkan tidak terdapatnya pengaruh yang signifikan karena memiliki perbedaan dengan rata-rata 353, pada kelas B 83,28 dan kelas D 82, 93.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153136 IRVINA ZUNAIDA
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:05
Last Modified: 12 Apr 2019 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item