PENGARUH KECEMASAN TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN MATEMATIKA DI MA MUHAMMADIYAH BANDUNG TULUNGAGUNG

ANA RIZKA MARATUL KHUSNA, 17204153187 (2019) PENGARUH KECEMASAN TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENYELESAIKAN MATEMATIKA DI MA MUHAMMADIYAH BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan terhadap Keterampilan Siswa Menyelesaikan Matematika di MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung” yang ditulis oleh Ana Rizka Maratul Khusna ini dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: kecemasan, keterampilan, matematika Seseorang yang memiliki kecemasan matematika merasa tidak mampu melakukan kegiatan yang melibatkan matematika. Kecemasan matematika adalah masalah emosional bukan masalah intelektual, namun kecemasan matematika dapat mengganggu emosional seseorang yang dapat mempengaruhi kemampuan intelektualnya. Kecemasan matematika dapat menganggu keterampilan siswa dalam menghadapi setiap permasalahan matematika di MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Gambaran kecemasan dalam menyelesaikan matematika di MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung, (2 Gambaran keterampilan siswa menyelesaikan matematika di MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung, dan (3) Menguji pengaruh kecemasan terhadap keterampilan siswa menyelesaikan matematika di MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan matematika, soal tes keterampilan siswa dan pedoman wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensia dengan teknik korelasi Product moment dan analisis Regresi Linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kecemasan siswa MA Muhammadiyah Bandung Tulungagung berada pada kategori sedang dengan batas kategori 31,642 < x < 47,197 dengan responden sebanyak 32. (2) Keterampilan yang ada terliha bahwa ada 27 siswa yang mengalami keterampilan sedang dengan batas kategor 50,034 < x < 16,626. (3) Terdapat pengaruh hubungan negatif antara kecemasan dan keterampilan yang menandakan semakin tinggi kecemasan berart keterampilan semakin turun. Faktor kecemasan mempengaruhi keterampilan siswa dengan korelasi sebesar 0,404. Kecemasan berkontribusi sebesar dan dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153187 ANA RIZKA MARATUL KHUSNA
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:58
Last Modified: 18 Apr 2019 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item