UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD AFIF SAIFUDIN, 1721143272 (2019) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akhidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Afif Saifudin, NIM. 1721143272, pembimbing Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata kunci: upaya guru akhidah akhlak dan hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang maksimal di lingkungan madrasah. Pada dasarnya semua guru di MTsN 4 Tulungagung sudah memberi pembelajaran yang baik kepada para siswa, namun hasil belajar yang diperlihatkan siswa masih kurang. Sebagai contoh, terdapat beberapa siswa yang membuang sampah tiak pada tempatnya, saling mengejek antara siswa, dan mengalami masalah saat pembelajaran di dalam kelas. Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode inkuiri di MTsN 4 Tulungagung?, (2) Bagaimana upaya guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode suri tauladan di MTsN 4 Tulungagung?, (3) Bagaimana upaya guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode penugasan di MTsN 4 Tulungagung? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui waktu pelaksanaan observasi diperpanjang, ketekunan pengamatan dan tiangulasi. Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: (1) Upaya guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode inkuiri di MTsN 4 Tulungagung telah berjalan dengan baik. Penerapan metode inkuiri dilakukan dengan memaksimalkan tahapan-tahapan yang ada dalam metode inkuiri, adapun tahapan tersebut antara lain: guru memberi gambar/ kisah/buku kepada siswa dan disuruh mengamati,guru memberi tugas, guru memberi penjelasan, dan yang terakhir guru memberi rangkuman penjelasan tentang pembelajaran hari itu. (2) upaya yang dilakukan guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode suri tauladan di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan cara guru selalu memberi tauladan yang baik kepada siswa. Tauladan tersebut antara lain: berdo’a ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, menjaga kebersihan, menyayangi lingkungan, berlaku sopan, berpakaian rapi, rendah hati, sholat berjamaah, tadarus, dan lain sebagainya. (3) upaya yang dilakukan guru akhidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode penugasan di MTsN 4 Tulungagung dilakukan dengan cara memberikan tugas kepada siswa. Tugas tersebut dapat berupa pekerjaan yang dilakukan di kelas seperti mengerjakan soal-soal, merangkum, menjelaskan, dan lain-lain ataupun berupa pekerjaan rumah (PR).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143272 MUHAMMAD AFIF SAIFUDIN
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:34
Last Modified: 29 Apr 2019 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item