DEFI MUYASAROH, 17201153016 (2019) KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Fiqih Dalam Menigkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Defi Muyasaroh, NIM. 17201153016, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci : Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MAN 2 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran di MAN 2 Tulungagung ? (2) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MAN 2 Tulungagung ? (3) Bagaimana kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas di MAN 2 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran di MAN 2 Tulungagung (2) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran di MAN 2 Tulungagung (3) Untuk memaparkan kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas pada pembelajaran siswa di MAN 2 Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Untuk metode pengumpulan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk menggali informasi tentang kreativitas guru fiqih dalam meningkatkan kulitas pembelajaran siswa di MAN 2 Tulungagung, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang profil sekolah, struktur organisasi, kegiatan pembelajaran dan sarana dan prasarana sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi. Menggabungkan dua atau lebih metode pembelajaran dalam satu kali kegiatan belajar mengajar. Variasi metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitasi, metode demonstrasi, metode hafalan, dan metode literasi. (2) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan media pembelajaran yaitu dengan mengkolaborasikan beberapa media. Menggunakan media berbasis IT dan menciptakan atau membuat media sendiri disesuaikan dengan materi, kondisi siswa, waktu serta biaya yang dikeluarkan. Media yang digunakan adalah mediavisual, audio, maupun audiovisual. (3) Kreativitas guru fiqih dalam mengembangkan pengelolaan kelas yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, memberikan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa bersemangat dalam mengikuti pelajaran, memberikan penghargaan atas usaha yang dilakukan, gaya belajar guru yang kreatif, humble kepada peserta didik serta menciptakan iklim kelas yang nyaman melalui pola pembelajaran ya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153016 DEFI MUYASAROH |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 04:54 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 04:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10456 |
Actions (login required)
View Item |