BINTI NUR FADHILAH, 17201153013 (2019) KOMPETENSI GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 6 BLITAR. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
Cover.pdf Download (730kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (101kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (59kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (141kB) |
||
Text
Bab II.pdf Download (212kB) |
||
Text
Bab III.pdf Download (139kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Download (673kB) |
||
Text
Bab V.pdf Download (332kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Download (209kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadiṡ dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Blitar” ini ditulis oleh Binti Nur Fadhilah, NIM. 17201153013, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi kasus bahwa motivasi belajar peserta didik juga dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki oleh guru dalam mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengungkapkan bahwa kompetensi-kompetensi yang dimiliki dan dikuasai oleh guru dapat membantu siswa untuk termotivasi dalam belajar sehingga memperoleh prestasi belajar yang diharapkan dan juga dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan tujuan belajar khususnya dalam bidang Al-Qur’an Hadiṡ. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Blitar? (2) Bagaimana Kompetensi Kepribadian Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Blitar? (3) Bagaimana Kompetensi Sosial Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Blitar? (4) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 6 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara rinci kompetensi-kompetensi guru (Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesioanl) dan indikator sub-kompetensi guru Al-Quran Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Blitar tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MTs Negeri 6 Blitar. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas. Kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelirian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kompetensi pedagogik guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Blitar sudah dibuktikan dengan kemampuan memahami karakteristik peserta didik, kemampuan guru dalam merancang pembelajaran, guru Al-Qur’an Hadis mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik didalam kelas, guru Al-Qur’an Hadis mampu mengaktualisasikan potensi peserta didik dengan cara mengasah hafalan-hafalan peserta didik, dan guru Al-Qur’an Hadis juga melaksanakan evaluasi pembelajaran. (2) Kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Blitar sudah dibuktikan dengan guru Al-Qur’an Hadis dapat mengemukakan tujuan untuk memilih menjadi guru, guru Al-Qur’an Hadis memberikan suri teladan bagi peserta didik, guru Al-Qur’an Hadis memiliki akhlakul karimah, dan guru Al-Qur’an Hadis memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dan dewasa. (3) Kompetensi sosial guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Blitar sudah diaktualisasikan melalui kegiatan berkomunikasi dengan wali murid peserta didik, sesama pendidik, peserta didik dan masyarakat. Selain itu, guru Al-Qur’an Hadis mengaktualisasikan komunkasi denagn peserta didik melalui kegiatan pembelajaran dikelas yang hal itu dapat menciptakan motivasi belajar bagi peserta didik. (4) Kompetensi profesional guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Blitar sudah diwujudkan dengan menguasai landasan pendidikan, menguasai materi pembelajaran secara mendalam dengan terus menambah pengetahuan atau wawasan dan tidak hanya terpaku pada satu modul yang diberikan sekolah, guru Al-Qur’an hadis mampu memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal, mampu menggunakan variasi metode dalam mengajar, serta guru Al-Qur’an Hadis selalu berusaha meningkatkan kompetensi profesionalnya ketika ada kesempatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd. 17201153013 Binti Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 07:36 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10466 |
Available Versions of this Item
- KOMPETENSI GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 6 BLITAR. (deposited 15 Apr 2019 07:36) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |