PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AT-THAHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

RIJAL AL MA'ARIJ, 17201153122 (2019) PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AT-THAHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
aBSTARK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DFTRISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB2.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
BAB3.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB6.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTARK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung” ini di tulis oleh Rijal Al Ma’arij, NIM 17201153122, pembimbing Dr. Hj.Elfi Mua’awanah S.Ag. M.Pd. Kata kunci: Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Fiqih Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era saat ini sangat di butuhkan akan pemanfaatannya salah satunya dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fiqih di MA At- Thahiriyah Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fiqih di MA At- Thahiriyah Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dari pemanfaatan media teknnologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fiqih di MA At- Thahiriyah Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung, kelebihan dan kekurangannya, serta dampak dari pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran fiqih bagi siswa. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran bagi guru MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung. Bagi siswa MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung sebagai bahan kajian dan renungan untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini di gunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung yang lebih dalam, observasi di gunakan unutk memperoleh data tentang sarana dan pra saran yang mendukung pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih dan melihat bagaimana pemanfaatan media TIK yang di lakukan dalam pembelajaran di kelas, dan dokumentasi di gunakan untuk memperoleh data tentang bukti-bukti dari pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung sudah di lakukan dengan cukup baik, guru seringkali menggunakan power point untuk menyampaikan materi agar siswa-siswi tidak jenuh dengan metode pembelajaran yang dulu seperti ceramah, selain hal tersebut guru fiqih juga sering memutarkan video pembelajaran seperti video motivasi yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, selain itu guru juga memanfaatkan pembelajaran online dengan memberikan tugas untuk mencari di internet materi-materi yang belum ada di buku. Kelebihan dari pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung adalah (1) Materi lebih mudah di pahami dan di terima oleh siswa, (2) Meringankan beban mengajar guru, (3) Kelas menjadi kondusif. Sedangkan kekuranganya adalah (1) Perlunya fasilitas yang memadai, (2) Membutuhkan biaya yang mahal (3) Memakan waktu dalam persiapannya, (4) Membutuhkan Keterampilan dalam pengoperasiannya. Dampak dari pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran fiqih di MA At-Thahiriyah Ngantru Tulungagung adalah (1) Siswa lebih fokus, (2) Siswa lebih aktif, (3) Siswa lebih mudah menerima pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi 17201153122 Rijal Al Ma'arij
Date Deposited: 22 Apr 2019 06:59
Last Modified: 13 Apr 2020 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item