LUTFI MANGZILATURROHMAH, 17205153035 (2019) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN VARIASI MENGAJAR TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIFTAHUL ULUM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (113kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Keterampilan Guru dalam Menggunakan Variasi Mengajar Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Lutfi Mangzilaturrohmah, NIM. 17205153035, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Variasi Mengajar Tematik, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada beberapa guru di MI Miftahul Ulum Plosorejo yang hanya melakukan tugas sebatas mentransfer ilmu tanpa tahu bagaimana mengemas pembelajaran menjadi menarik perhatian peserta didik, sehingga masih banyak ditemui peserta didik yang kurang memiliki motivasi untuk lebih giat belajar di sekolah. Sesuai hal tersebut, menjadikan alasan peneliti untuk mengetahui keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sebagai solusi alternatif pemecahan masalah dalam menghadapi masalah pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana keterampilan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menggunakan variasi gaya mengajar pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana keterampilan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menggunakan variasi penggunaan media pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana keterampilan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menggunakan variasi pola interaksi peserta didik pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menggunakan variasi gaya mengajar, penggunaan media pembelajaran, dan pola interaksi peserta didik pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan bersifat studi kasus, terhadap penelitian yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan pengujian credibility, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Variasi gaya mengajar yang digunakan di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar yaitu variasi suara, kesenyapan, pemusatan perhatian, variasi gerak badan atau mimik wajah, mengadakan kontak pandang dan pergantian posisi guru di dalam kelas. (2) Media pembelajaran di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, sudah menunjang untuk proses pembelajaran. Hal ini bisa dalam bentuk buku-buku yang sudah tercukupi, selain dari buku-buku, media pembelajaran juga dimungkinkan bisa didapat dilingkungan sekitar, maka anak-anak bisa membawanya dirumah, kalau tidak bisa membawa dari rumah, gurunya ikut bergabung dalam mencarinya di lingkungan sekolah. Selain itu, ada yang baru yaitu media LCD Projector. (3) Beberapa guru MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, lebih mudah menggunakan pola interaksi peserta didik sesuai dengan materi yang disampaikan, kondisi peserta didik dan lingkungan sekitar. Diantaranya seperti pola interaksi pola guru-peserta didik-peserta didik, pola guru-peserta didik, peserta didik-guru, peserta didik-peserta didik, dan pola guru-peserta didik-guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | SKRIPSI 17205153035 LUTFI MANGZILATURROHMAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 06:41 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10514 |
Actions (login required)
View Item |