Adha Zuhairini, Luluk (2010) Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
Cover.docx Download (155kB) |
|
Text
BAB I Penggunaan Modul.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II Penggunaan Modul.docx Download (69kB) |
|
Text
BAB III Penggunaan Modul.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB IV Penggunaan Modul.docx Download (89kB) |
|
Text
BAB V Penggunaan Modul.docx Download (20kB) |
|
Text
ABSTRAK lu2x.doc Download (36kB) |
Abstract
Kata kunci: Penggunaan Modul, Prestasi Belajar Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa penggunaan modul dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, di mana modul pada dasarnya berisi informasi tentang tugas yang harus di kerjakan siswa beserta petunjuk dan langkah-langkahnya. Dalam hal ini, peneliti mendeskripsikan tentang pengunaan modul terhadap prestasi siswa dalam membaca, menulis dan menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam sekripsi ini adalah 1). Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi siswa dalam hal membaca pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010? 2). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi siswa dalam hal menulis pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010? 3.) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi siswa dalam hal menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2009/2010? 4). Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Pulosari, Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2009/2010? Sekripsi ini bermanfaat sebagai penambah wawasan dan khazanah intelektual serta informasi mengenai pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar al-Qur’an hadits Bagi sekolah diharapkan dapat mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa. Sehingga guru dapat memaksimalkan penggunaan modul tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan metode angket, observasi, interview, dan dokumentasi. Sumber data pertama yaitu angket untuk memperoleh data tentang pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengganti data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan. Metode interview digunakan sebagai data pendukung yang diperoleh dari personalia MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi di gunakan untuk menganti data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan serta dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data di analisis, akhirnya dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII dalam hal membaca pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai rxy = 0,74 berada pada level interpretasi kuat atau tinggi. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII dalam hal menulis pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai rxy = 0,68 berada pada level interpretasi sedang atau cukupan. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII dalam menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai rxy = 0,77 berada pada level interpretasi kuat atau tinggi. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis dimana diperoleh nilai rxy = 0,79 berada pada level interpretasi kuat atau tinggi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 02:37 |
Last Modified: | 05 Feb 2015 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1058 |
Actions (login required)
View Item |