PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 TULUNGAGUNG

NIKMATUS SHOLIKAH S, 17201153352 (2019) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 03 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (610kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (651kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orang tua dan Lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 03 Tulungagung”. Ini ditulis oleh Nikmatus Sholikah S, NIM. 17201153352. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd, NIP. 19810801 200912 1 004 Kata Kunci: Pola Asuh Orang tua, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar PAI. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pola asuh orang tua dan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sarana belajar oleh siswa untuk mempelajari pelajaran sekolah khususnya pelajaran PAI yaitu terdiri dari Al Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan, orang tua harus mampu memilih pola asuh yang benar dan tepat dan didukung dengan lingkungan sekolah yang nyaman unuk meraih hasil tersebut Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua (X1) terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI (Y) di SMPN 03 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah (X2) terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI (Y) di SMPN 03 Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua (X1) dan lingkungan sekolah (X2) terhadap hasil prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI (Y) di SMPN 03 Tulungagung. Pendekatan Penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa SMPN 03 Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 802 siswa. Dengan Tekhnik Sampling proportionate stratified random sampling di peroleh sampling 267 siswa. Variabel bebas: Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Sekolah. Variabel terikat: Prestasi belajar PAI. Sumber data: dokumen. Teknik pengumpulan data: angketTeknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi ganda, uji t, uji f dengan bantuan SPSS For windows 18. Hasil penelitian: (1) Ada Pengaruh positif dan Signifikan antara Pola asuh orangtua terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 03 Tulungagung. Dari hasil analisa data taraf interval 5% menunjukan bahwa t-hitung pola asuh orangtua = 1.602 lebih besar dari t-tabel= 1.659. (2) Tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 03 Tulungagung yang ditunjukan oleh t-hitung lingkungan sekolah = -388 lebih kecil dari t-tabel 1.6. (3) Ada pengaruh yang yang positif lagi signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PAI di SMPN 03 Tulungagung yang ditunjukan oleh nilai F tabel 0.271.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 17201153352 NIKMATUS SHOLIKAH S
Date Deposited: 25 Apr 2019 07:49
Last Modified: 25 Apr 2019 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item