PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PENERAPAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BTM SURYA MELATI ABADI JATIM CABANG NGADILUWIH

ANA NUR JANNAH, 17401153059 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PENERAPAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BTM SURYA MELATI ABADI JATIM CABANG NGADILUWIH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pembiayaan Murabahah di BTM Surya Melati Abadi jatim Cabang Ngadiluwih” ini ditulis oleh Ana Nur Jannah, NIM 17401153059, Pembimbing Dr.Agus Eko Sujianto, SE.,MM. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya koperasi berbasis syariah, sehingga persaingan dalam hal memasarkan suatu produk sangat diperlukan agar seseorang memilih lembaga sesuai dengan kebutuhan mereka, namun faktanya masih banyak keraguan dari anggota karena kurangnya informasi dan merasa prinsip syariah belum sesuai, maka lembaga harus mampu menyampaikan serta menumbuhkan kepercayaan dengan menerapkan prinsip yang sesuai syariah sehingga anggota dapat memutuskan bertransaksi di lembaga tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) menguji pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah; 2) menguji pengaruh penerapan prinsip syariah terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah; 3) menguji komunikasi pemasaran dan penerapan prinsip syariah terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah. Metode penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Teknik Sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 76 responden dari anggota pembiayaan murabahah BTM Surya Melati Abadi Jatim Cabang Ngadiluwih. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS 16.0 berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitiannya adalah 1) komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah di BTM Surya Melati Abadi Jatim Cabang Ngadiluwih, 2) penerapan prinsip syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah di BTM Surya Melati Abadi Jatim Cabang Ngadiluwih, 3) komunikasi pemasaran dan penerapan prinsip syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah di BTM Surya Melati Abadi Jatim Cabang Ngadiluwih. Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, penerapan prinsip syariah, keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153059 ANA NUR JANNAH
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:16
Last Modified: 06 May 2019 02:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item View Item