PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN STARTEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SDN REJOMULYO KRAS KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LAILATUL LINNAS RILLAH, 3211103086 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DAN STARTEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SDN REJOMULYO KRAS KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (766kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (741kB)

Abstract

Lailatul Linnas Rillah: Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual dan Startegi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PAI di SDN Rejomulyo Kras Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Silam, Fakultas Tariyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Media Audiu-Visual, Srategi Pembelajaran, Hasil Belajar Penelitia ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa SDN Rejomulyo 1 terhadap materi pendidikan Agama Islam, hal tiu disebabkan karena kegiatan pembelajaran siswa yang hanya menggunakan media dengar saja, yakni ceramah guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dan kurang berpikir kreatif, selain itu siswa tidak diberi kesempatanuntuk menggali pengetahuan sendiri mengenai materi yang akan diajarkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media Audio-Visual (power point) dalam strategi langsung untuk kelas IV dan media Audio-Visual (Power point) dalam strategi langsung dan diskusi kelompok untuk kelas V, untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran penggunaan media audio-visual dan strategi terhadap hasil belajar PAI di SDN Rejomulyo 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014? 2. Bagaimana pengaruh penggunaan media audio-visual visual dan strategi terhadap hasil belajar PAI di SDN Rejomulyo 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014? 3. Bagaimana hasil dari peran penggunaan media audio-visual dan strategi terhadap hasil belajar PAI di SDN Rejomulyo 1 Kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peran media audio-visual dalam strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PAI pada aspek fiqih di SDN Rejomulyo 1 kecamatan Kras Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014. 2. Untuk mengetahui pengaruh media audio-visual dalam strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PAI pada aspek fiqih di SDN Rejoomulyo 1 kecamatan Kras kabupaten Kediri tahun pelajaran 2013/2014. 3. Untuk mengetahui hasil dari penggunaan media audi-visual dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SDN Rejomulyo 1. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pola yang digunakan adalah: 1. Pola penelitian korelasi, 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Rejomulyo 1 yang berjumlah 177 siswa, 3. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling/sampling bertujuan, 4. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa di SDN Rejomulyo 1 yang berjumlah 61 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas IV, dan 31 siswa dari kelas V, 5. Sumber data dalam penelitin ini adalah : a. Primer: Kepala sekolah, guru-guru, siswa dan karyawan, b. Sekunder : dokumentasi seperti arsip-arsip, catatan-catatan dan sebagian tempat penelitan., 6. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu variabel bebas media dan strategi dan variabel terikatnya hasil belajar, 7. Teknik analisa data dalam penelitian inin adalah teknik analisa data kantitatif dengan menggunakan metode deduktif induktif dan teknik analisa data kuantitatif dengan menggunakan rumus, “Product moment” Hasil dari penelitian dengan menggunakan media Audio-Visual dan strategi pembelajaran langsung dikelas IV ada peningkatan terhadap hasil belajar PAI, yaitu dilihat dari rata-rata nilai hasil dari pre test dan post test. Pada pre test rata-rata nilainya 6.86, padahal yang diharapkan adalah 7.50. kemudian ada peningkatan rata-rata nilai post test, yaitu 8.03. untuk kelas V juga ada peningkatan mengenai hasil belajar siswa, yaitu dapat dilihat dari rata-rata hasil pre tes dan post tes, yaitu dari 6.80 menjad 8.41. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengatuh antara penggunan media audio-visual dan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar PAI siswa SDN Rejomulyo 1 Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211103086 Lailatul Linnas Rillah
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:26
Last Modified: 18 Nov 2019 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item