PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK

ESA AYU CAHYANINGTYAS, 17201153477 (2019) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGGULANGI BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanggulangi Bullying Peserta Didik Kelas XI di MAN 1 Trenggalek Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi ini ditulis oleh Esa Ayu Cahyaningtyas, NIM. 17201153477, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PAI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Peranan Guru, Bullying Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kondisi psikis remaja yang labil membuat seseorang akan berdampak pada terjadinya masalah di kalangan remaja, misalnya bullying yang sekarang kembali mencuat di media. Maraknya perilaku bullying yang terjadi madrasah mengakibatkan citra pendidikan menjadi tercoreng, karena pendidik dirasa gagal dalam memberikan pendidikan moral social kepada peserta didik, padahal madrasah merupakan suatu tempat yang dipercaya oleh banyak kalangan sebagai sebuah tempat dimana proses humanisasi berlangsung. Oleh karena itu, maraknya kasus bullying yang terjadi di madrasah hendaknya menjadi perhatian bagi pengelola pendidikan ataupun madrasah untuk segera mengatasinya demi melindungi anak dari bullying di madrasah, termasuk guru agama yang seharusnya memiliki kemauan dan kemampuan untuk menanggulangi bullying di madrasah tersebut bersama dengan guru-guru lain. Peran dan upaya yang dilakukan guru akidah akhlak sangatlah penting dalam penanggulangan tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana hambatan guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana dampak peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek. (2) Mendeskripsikan hambatan guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek. (3) Menganalisa dampak peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Trenggalek. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, guru Akidah Akhlak, guru BK, dan siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan model alir oleh Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, data display, penarikan kesimpulan/verivikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang waktu penelitian, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, cek dengan anggota lain dan menggunakan xx referensi yang tepat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian adalah: (1) Peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek adalah (a) Guru memposisikan diri sebagai penasehat, (b) Guru membangun pembelajaran yang menyenangkan untuk mewujudkan suasana anti bullying, (c) Guru menginspirasi peserta didik, (d) Guru memberikan stimulus pada peserta didik agar bersikap terbuka dan kreatif sehingga membangun tingkat kepercayaan diri pada peserta didik. (2) Hambatan guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek (a) terbenturnya jam pelajaran, (b) materi yang disampaikan tidak semuanya bisa disisipi dengan pemahaman bullying, (c) pergantian guru juga mempengaruhi penyampaian pembelajaran, (d) lingkungan keluarga yang kurang mendukung, (e) lemahnya toleransi, (f) dan perbedaan masalah setiap indivu. (3) Dampak peran guru Akidah Akhlak dalam menanggulangi bullying peserta didik kelas XI di MAN 1 Trenggalek adalah dapat menimbulkan proses kedewasaan anak menjadi lebih membaik, anak bisa intropeksi diri mereka masing-masing dengan kasus yang pernah mereka alami dan anak memiliki rasa tanggung jawab serta toleransi yang baik kepada orang lain sehingga terciptanya lingkungan yang anti bullying

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153477 ESA AYU CAHYANINGTYAS
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:51
Last Modified: 30 Apr 2019 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item