AHMAD MAHASAN, 1721143029 (2019) STRATEGI MENGATASI PROBLEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (413kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Mengatasi Problematika Pembelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek” ini ditulis oleh Ahmad Mahasan, NIM 1721143029, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, 2018, dosen pembimbing: Dr. Fathul Mujib, M. Ag. NIP. 19750523 200604 1 002 Kata Kunci : Strategi, Problematika Pembelajaran PAI Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya berbagai problematika pembelajaran PAI seperti kekurangan jam pembelajaran, keterbatasannya media pembelajaran, dan rendahnya minat belajar siswa, sehingga guru dituntut untuk menyusun strategi dan mengolah pembelajaran yang lebih menarik supaya dapat mengatasi problematika tersebut. Fokus dari penelitian ini, meliputi: (1) Bagaimana strategi mengatasi kekurangan jam pembelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (2) Bagaimana strategi mengatasi keterbatasan media pembelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (3) Bagaimana strategi mengatasi rendahnya minat belajar pembelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dalam mengatasi kekurangan jam pelajaran, keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya minat belajar pembelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kampak Trenggalek. Jenis Penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer, dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru mengatasi kekurangan jam pembelajaran yaitu dengan melakukan pembinaan dan mengadakan kegiatan keagamaan, menambahkan materi keagamaan melalui kegiatan ekstrakulikuler yang berbasis Agamis, menambah perhatian, kasih sayang dan pengawasan peserta didik serta mengorienasikan pelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari. (2) Strategi guru mengatasi keterbatasan media pembelajaran yaitu dengan mendapat dukungan dari lembaga organisasi sekolah hal tersebut tersebut seperti memfasilitasi media pembelajaran, memilih atau membuat media yang mudah di dapat dan juga terjangkau dan menggunakan teknologi pembelajaran, serta menggunakan media secara efektif dan maksimal. (3) Strategi guru mengatasi rendahnya minat belajar pembelajaran PAI yaitu dengan Melakukan pembinaan dan pendekatan, Memotivasi siswa supaya terus bersemangat dalam belajar, dan Menggunakan metode yang bervariasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143029 AHMAD MAHASAN |
Date Deposited: | 02 May 2019 07:22 |
Last Modified: | 02 May 2019 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10677 |
Actions (login required)
View Item |